Perancangan Dan Analisis Desain Maskot Sebagai Representasi Identitas Visual Bagian Promosi Badan Pengusahaan Batam

  • Rizki Rahmadhani Cokrodirjo Politeknik Negeri Batam
  • Fadli Suandi
Keywords: Promosi, Identitas Visual, Maskot, Design Thinking, Kuantitatif Deskriptif

Abstract

Hingga saat ini, kegiatan promosi Badan Pengusahaan Batam (BP Batam) yang dilakukan oleh Bagian Promosi BP Batam belum memiliki maskot resmi yang dapat merepresentasikan identitas visual Promosi BP Batam. Perancangan maskot promosi BP Batam sebagai langkah yang tepat untuk merepresentasikan identitas visual yang kuat dalam meningkatkan investasi dan membangun citra positif instansi kepada masyarakat terutama masyarakat yang bergerak di dunia usaha, baik lokal maupun asing. Maskot Promosi BP Batam terinspirasi dari logo BP Batam yang merupakan seekor burung elang laut yang bernama SI PRIMA sebagai wujud tugas Bagian Promosi BP Batam untuk memberikan pelayanan PRIMA dalam meningkatkan INVESTASI, promosi dan industri kota Batam. Maskot SI PRIMA bergambar burung elang laut jantan dengan memakai baju dinas BP Batam dan dipadupadankan dengan ciri khas adat Melayu. Perancangan maskot menggunakan metode design thinking dan metode kuantitatif deskriptif untuk mengukur tingkat ketercapaian tujuan perancangan dan analisis maskot SI PRIMA sebagai representasi identitas visual Promosi BP Batam. Hasil pengujian user testing pada penelitian ini menunjukkan dari aspek visual dan aspek media bahwa berdasarkan pada skala ketercapaian tujuan perancangan maskot SI PRIMA dalam bentuk 2 dimensi sebagai representasi identitas visual Promosi BP Batam berhasil berada pada tingkat positif atau sangat baik dalam rentang 75,1% - 100%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-01-08

Most read articles by the same author(s)