Pengujian Game Berbasis Konten Budaya, Who is He: Let Me Out

  • Ervin Ahmad Nur Hidayanto Student
  • Muhammad Ilham Werdiansyah
  • Riwinoto Riwinoto
  • Waode Hafizah Ramadhani
  • Abdurrafi Naufal. S
  • Fadhli Yahya
Kata Kunci: Game edukasi, Game budaya, Game puzzle, Aplikasi permainan

Abstrak

Game adalah salah satu teknologi yang sangat digemari oleh kalangan muda. Masalahnya, dengan adanya game anak muda bahkan orang dewasa sering menyalahgunakan waktu mereka, sehingga game dijadikan sesuatu yang negatif oleh masyarakat. Disisi lain budaya Indonesia saat ini semakin lama semakin dilupakan, salah satu faktornya adalah teknologi seperti game ini. Solusi terbaik adalah dengan menyatukan keduanya, dengan membuat game edukasi budaya Indonesia, tetapi dengan hanya edukasi biasa tidaklah cukup untuk menarik perhatian para pemain game, karena mereka mementingkan gameplay dan jalan cerita game, oleh karena itu perlu adanya pengemasan yang baik dan tepat sasaran sebagai daya tarik tersendiri bagi pemain game. Budaya Indonesia dari segi pengertian sangatlah luas, tidak banyak yang tahu akan cerita-cerita kuno masyarakat dan hal-hal unik seperti dukun, cerita tersebut dapat dimanfaatkan sebagai daya tarik untuk pengemasan cerita dalam game, karena sejauh ini belum ada game Indonesia yang mengambil cerita dan pamali Indonesia dengan grafis atau tampilan yang baik. 97% para pemain game di Indonesia memainkan game dari luar negeri, hal tersebut sangat disayangkan karena banyak budaya luar yang masuk melalui platform ini. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif. Game ini diujikan kepada 100 responden pemain game pada acara Game Prime pada tahun 2019. Berdasarkan dari hasil kuesioner dapat disimpulkan bahwa game ini cukup menarik baik secara grafis, mekanik maupun konten budaya. Selanjutnya akan dipublikasi di platform global.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2022-12-30

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

<< < 1 2