Analisis penerapan Good University Governance Pada Perguruan Tinggi di Kota Jayapura

  • Rudiawie Larasati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model Good University Governance pada perguruan tinggi kota Jayapura dengan menggunakan Informan anggota SPI dalam penentukan bobot prioritas menggunakan model Analytical Hierarchy Process. Serta untuk mengetahui penerapan Good University Governance di Kota Jayapura. Prinsip Good University Governance dalam penelitian ini menggunakan lima aspek yaitu Transparansi, Akuntabilitas, Responsibilitas, Independensi dan Keadilan.

Penelitian ini menggunakan sampel perguruan tinggi yang berjumlah empat perguruan tinggi, yaitu UNCEN, UNIYAP, STIIE PORT NUMBAY dan USTJ. Dengan jumlah responden sebanyak 76 responden.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model GUG yang dihasilkan oleh penentuan bobot anggota SPI memiliki nilai tertinggi pada variabel independensi yaitu dengan nilai sebesar 0,227, kemudian Transparansi sebesar 0,209, urutan ketiga ada pada akuntabilitas sebesar 0,206, urutan keempat ada pada Keadilan sebesar 0,201 dan urutan terakhir pada variabel responsibilitas sebesar 0,157.

Penerapan GUG pada perguruan tinggi kota Jayapura masuk kedalam kriteria “Tinggi” dengan total skor 79,19 yaitu masuk pada interval 60,00-80,00. Oleh sebab itu disimpulkan bahwa penerapan GUG pada perguruan tinggi di kota Jayapura sudah dilaksanakan dengan baik.

Published
2018-10-03