Mengukur Akuntabilitas Dana Bantuan Operasional Sekolah
Abstract
Penyelenggaraan pendidikan dasar merupakan kewajiban pemerintah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Kewajiban tersebut diwujudkan dalam bentuk penyediaan dana pendidikan melalui bantuan operasional sekolah (BOS) kepada semua sekolah tingkat SD dan SMP. Untuk mencegah penyalahgunaan dana BOS diperlukan keterbukaan dan akuntabilitas. Riset ini bertujuan menguji pengaruh kompetensi, fungsi manajemen sekolah dan teknologi informasi terhadap akuntabilitas pengelolaan dana BOS. Pengujian pengaruh didasari oleh teori strewardship, teori stakeholders dan teori legitimasi. Riset ini menggunakan metode kuantitatif dengan alat bantu analisis Partial Least Squares Structural Equation Modelling (PLS SEM). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kompetensi, fungsi manajemen sekolah dan teknologi informasi baik secara partial maupun secara simultan mempengaruhi secara signifikan akuntabilitas pengelolaan dana BOS. Hasil riset ini dapat dipergunakan oleh Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan untuk memperkuat kompetensi bendahara sekolah, meningkatkan partisipasi manajemen sekolah dan masyarakat serta mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi untuk mendukung pengelolaan dana BOS yang transparan dan akuntabel.
Kata kunci: Akuntabilitas, Dana BOS, Kompetensi, Manajemen Sekolah, Teknologi Informasi
Downloads
Copyright (c) 2022 sopian sopian, Asqolani Asqolani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.