Peningkatan Kualitas Citra pada Foto Sejarah Menggunakan Metode Histogram Equalization dan Intensity Adjustment

  • Siti Fatimatuzzahro Universitas Tidar
  • Risky Via Yuliantari Universitas Tidar

Abstract

Foto sejarah merupakan gambar yang berisikan gambaran di masa lampau. Seringkali, foto sejarah yang ada memiliki kualitas citra yang buruk dikarenakan teknologi kamera yang ada di masa lampau masihlah sederhana. Karena keterbatasan teknologi, foto sejarah yang ada hingga saat ini pun berkualitas rendah dengan warna dominan abu-abu. Kondisi ini mengakibatkan informasi yang terkandung terkadang tidak bisa diterima ataupun menyebabkan salah pemahaman. Image enchancement adalah salah satu operasi dari pengolahan citra yang bertujuan untuk meningkatkan citra dengan memanipulasi parameter-parameter citra. Operasi ini banyak diterapkan pada citra yang memiliki kualitas buruk agar kualitasnya dapat meningkat. Pada penelitian ini akan menerapkan operasi image enchancement pada foto sejarah sehingga kualitasnya dapat meningkat. ada banyak metode yang bisa dilakukan pada image enchancement, diantaranya histogram equalization dan intensity adjustment yang sudah banyak digunakan untuk meningkatkan citra khususnya citra greyscale (abu-abu). Kedua metode tersebut biasa dilakukan pada citra dengan menggunakan Aplikasi Matlab karena penggunaannya yang cukup sederhana

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. Komarudin, F. A. Setyawan, and S. R. Sulistiyanti, PENGOLAHAN CITRA; Dasar dan Contoh Penerapannya. Yogyakrata: Teknosain, 2016.

R. Munir, “Pengantar Pengolahan Citra,” Pengolah. Citra Digit., no. Bagian 1, pp. 1–10, 2013, [Online]. Available: http://rosni-gj.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/15431/pendahuluan.pdf.

N. Ahmad and A. Hadinegore, “Metode Histogram Equalization untuk Perbaikan Ciitra Digital,” Semiinar Nasiional Teknol. Informasii Komuniikasi Teraapan, vol. 2012, no. Semantik, pp. 439–445, 2012, [Online]. Available: http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/semantik/article/view/185.

D. Ibrahim, A. Hidayatno, and R. Isnanto, “Pengaturan Kecerahan dan Kontras Citra Secara Automatis dengan Teknik Pemodelan Histogram,” pp. 1–7, 2011, [Online]. Available: http://eprints.undip.ac.id/25538/.

E. S. Mulyanta, “Sejarah dan perkembangan fotografi,” Tek. Mod. Fotogr. Digit., 2009.

T. Haryono, “Perbaikan Citra Dengan Metode Power Law Transformation,” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013.

K. Anggraeni, “Histogram Citra,” Ilmu Komput., vol. 1, p. 7, 2007.

D. Houcque, “Introduction To Matlab for Engineering Students,” no. August, 2005.

A. Putra, “17 Potret Sejarah Indonesia Sebelum & Sesudah Kemerdekaan,” idntimes.com, 2019. https://www.idntimes.com/hype/fun-fact/adliputra/potret-sejarah-indonesia-c1c2/.

M. Habib Mustopo, Sejarah Indonesia Kelas XI SMA (Program Wajib) (Kurikulum 2013) (Jilid 2). Yudhistira, 2013.

Published
2021-12-30
How to Cite
Fatimatuzzahro, S., & Yuliantari, R. (2021). Peningkatan Kualitas Citra pada Foto Sejarah Menggunakan Metode Histogram Equalization dan Intensity Adjustment. Journal of Applied Electrical Engineering, 5(2), 36-42. https://doi.org/10.30871/jaee.v5i2.3160