ANALISIS PERILAKU PENUMPANG PESAWAT TERHADAP PEMILIHAN RUTE PENERBANGAN DARI TAIPEI MENUJU JAKARTA (STUDI KASUS MAHASISWA INDONESIA STUDI DI TAIWAN)

  • Dwi Darmayanti Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Winarno Winarno
  • Ade Momon S.
Keywords: Rute Penerbangan, Perilaku Penumpang, Regresi Logistik Multinomial

Abstract

Penerbangan internasional dari Taipei menuju Jakarta dapat dilakukan melalui rute penerbangan langsung maupun tidak langsung. Pemilihan rute penerbangan tersebut dapat dipengaruhi oleh perilaku calon penumpang pesawat yang akan melakukan perjalanan. Penelitian ini dilakukan terhadap mahasiswa Indonesia yang sedang melanjutkan pendidikan di Taiwan. Metode regresi logistik multinomial digunakan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa tersebut dalam memilih rute penerbangan dari Taipei menuju Jakarta. Berdasarkan hasil analisis data terhadap 467 responden terpilih, menunjukkan bahwa reputasi bandara untuk transit, reputasi maskapai, harga tiket penerbangan, durasi penerbangan, kenyamanan dalam koneksi, hari penerbangan, dan jumlah bagasi adalah faktor-faktor yang mempengaruhi dalam pemilihan rute penerbangan tersebut. Faktor yang dominan berpengaruh terhadap pemilihan rute penerbangan internasional dari Taipei menuju Jakarta adalah faktor reputasi bandara transit dengan nilai odd ratio 5,668 dan 3,224 masing-masing pada rute Taipei-Singapura-Jakarta dan rute Taipei-Hongkong-Jakarta. Sedangkan pada rute Taipei-Kuala Lumpur-Jakarta adalah faktor harga tiket dengan nilai odds ratio 4,669 dibandingkan dengan faktor yang lain.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-03-31
How to Cite
Darmayanti, D., Winarno, W., & Momon S., A. (2021). ANALISIS PERILAKU PENUMPANG PESAWAT TERHADAP PEMILIHAN RUTE PENERBANGAN DARI TAIPEI MENUJU JAKARTA (STUDI KASUS MAHASISWA INDONESIA STUDI DI TAIWAN). JOURNAL OF APPLIED BUSINESS ADMINISTRATION, 5(1), 1-9. https://doi.org/10.30871/jaba.v5i1.2261