Penerapan Analytical Hirearcy Process pada Sistem Pendukung Keputusan Pengalokasian Anggaran Biaya Sarana dan Prasarana Sekolah

  • Mira Chandra Kirana Informatics Study Program, Politeknik Negeri Batam
  • Muhammad Ilham Saputra Informatics Study Program, Politeknik Negeri Batam
Keywords: sistem pendukung keputusan, sarana prasarana, sekolah, Analytical Hierarchy Process (AHP)

Abstract

Salah satu faktor yang penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan adalah sarana dan prasarana di lingkungan sekolah, sehingga pengalokasian anggaran biaya yang tepat dalam membangun sarana dan prasarana sangat perlu dilakukan oleh pihak manajamen sekolah. Namun, tidak jarang masalah timbul akibat kurang tepatnya pengalokasian anggaran biaya dalam membangun sarana dan prasarana. Sehingga membutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan yang mampu memberikan solusi dalam menentukan pengalokasian anggaran biaya Metode Analytical Hirearchy Process (AHP) merupakan metode yang tepat untuk memecahkan permasalahan yang kompleks, dengan melalui proses pendekatan sistem dan melakukan perbandingan berpasangan berdasarkan kriteria maupun alternatif yang telah ditentukan.

Penelitian ini menggunakan 6(enam) use case dengan 2(dua) aktor yang sesuai dengan kebutuhan fungsional untuk membangun sebuah sistem pendukung keputusan yang menerapkan AHP. Terdapat 4(empat) kriteria dan 3(tiga) alternatif, AHP mampu melakukan perbandingan dan penilaian terhadap kriteria maupun alternatif yang telah ditentukan, sehingga hasil dari penilaian tersebut dapat menentukan prioritas utama dari pengalokasian anggaran biaya sarana dan prasarana.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-04-01