Penerapan Pendekatan Design-First dalam Pengembangan Sistem Manajemen Penagihan Transaksi Berbasis Web API

  • Metta Santiputri Politeknik Negeri Batam
  • Dzulfikar Dzulfikar Politeknik Negeri Batam
Keywords: Invoice, Web API, Agile Method, Design-First Approach, Blackbox

Abstract

Transaksi merupakan kegiatan yang umum kita lakukan, namun untuk transaksi antar bisnis memerlukan dokumen transaksi dalam kegiatannya. Banyak pebisnis masih membuat dokumen tersebut secara manual sehingga menyebabkan banyak masalah sehingga Sistem Manajemen Penagihan dapat menyelesaikan masalah yang terjadi dikarenakan telah berbasis sistem. Dalam pengembangan, dokumentasi menjadi hal yang tidak dipentingkan padahal dokumentasi menggambarkan sistem dengan baik. Hal ini terjadi karena kebanyakan pengembang menggunakan penerapan code-first dimana pengembangan lebih penting dibandingkan sehingga menyebabkan masalah antara tim front-end dengan back-end. Oleh karena itu, diterapkanlah metode design-first dalam pengembangan sistem ini. Metode pengembangan yang dipakai adalah metode agile karena metode ini fleksibel dan cocok dalam menghadapi perubahan yang terjadi dalam bentuk apapun. Pengujian sistem menggunakan metode blackbox dengan teknik equivalence partitions yang bertujuan untuk ketidaksesuaian dan kesalahan fungsionalitas pada sistem. Setelah dilakukan pengujian, hasil yang didapatkan bahwa kebutuhan telah terpenuhi dan tidak ditemukan adanya kesalahan fungsionalitas sehingga sistem berjalan dengan baik dan telah sesuai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Nugraha, Daniel, 2019, Quotation dan Invoice, Perbedaan dan Perannya Dalam Proses Purchasing, https://www.paper.id/blog/tips-dan-nasihat-umkm/perbedaan-quotation-dan-invoice/, diakses tgl 30 Oktober 2021.

Aenun Najib., dan Fuaida Nablya., 2020, Sistem Informasi Penagihan (Invoice) Berbasis Dekstop Menggunakan Metode Extreme Programing, Skripsi, Program Sarjana Sistem Informasi, Univ. Peradaban, Jawa Tengah.

Adi Wicaksono, Krisna, 2018, Aplikasi Pembuatan Quotation Berbasis Web Dengan Menggunakan Angularjs 2 Dan Firebase Di CV Aditex Bangun Cipta, Skripsi, Program Sarjana Teknik Informatika, Univ. Islam Indonesia, DIY Yogyakarta.

Fadila, A. I. & Oktivasari, P. (2015). Analisis dan Perancangan Proses Purchase Order pada PT. Cybertrend Intrabuana. Multinetics, Vol. 1(1), 57-62.

Dina Tauhida., Arinal Muana., 2019, Rancang Bangun Aplikasi Purchase Order Pada Unit Purchasing PT. XYZ, Skripsi, Program Sarjana Teknik Industri, Univ. Muria Kudus, Jawa Tengah.

Raelida Turnip., dkk., 2021, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Pembelian, Penjualan dan Persediaan pada UD. Parjuma Sonari, Skripsi, Program Sarjana Teknik Informasi, Univ Mikroskil, Sumatera Utara

Winarko, Triyugo, 2020, Perancangan Sistem Informasi Pembelian, Penjualan Dan Persediaan Pada PT. Indo Global, Bandar Lampung, Skripsi, Program Teknologi Informasi, Univ Mitra Indonesia, Lampung

Inixindo, 2018, Front-End vs Back-End Developer. Apa Bedanya?, https://inixindojogja.co.id/front-end-vs-back-end- developer-apa-bedanya/, diakses tgl 30 Oktober 2021.

Shilpi, 2019, Divide or Join: The Frontend Backend Dilemma, https://opensenselabs.com/blog/articles/frontend-backend, diakses tgl 30 Oktober 2021.

Paguirigan, Ohmel, 2017, How do front and back end developers work together on the same project at work?, https://www.quora.com/How-do-front-and-back-end-developers- work-together-on-the-same-project-at-wor , diakses tgl 30 Oktober 2021.

Hämäläinen, Oona, 2019, API-First Design with Modern Tools, Tesis, Program Sarjana Teknologi Informasi Bisnis, Jyväskylä University of Applied Sciences, Finlandia.

Levin, Guy, 2020, API Development with Design-first Approach, https://blog.restcase.com/api-development-with-design-first-approach/, diakses tgl 16 November 2021.

Huzefril, 2021, HTTP Method, https://www.huzefril.com/posts/microservices/rest-http- method/, diakses tgl 30 Januari 2022.

Nayoan, Aldwin, 2020, JSON: Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakannya, https://www.niagahoster.co.id/blog/json-adalah/, diakses tgl 30 Januari 2022.

M. Haekal, Mirza, 2020, Panduan Lengkap Daftar HTTP Status Code dan Cara Mengatasinya [Terbaru], https://www.niagahoster.co.id/blog/http-status-code/, diakses tgl 30 Januari 2022.

Muhammad Abid Jamil, Muhammad Arif, dkk, 2016, Software Testing Techniques: A Literature Review, Literature, Program Fakultas Informasi dan Komunikasi Teknologi, International Islamic University Malaysia.

Published
2023-06-14

Most read articles by the same author(s)