“Analisis Perbandingan Kontribusi Pajak Daerah terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Sebelum dan Setelah Pemekaran Provinsi Riau”: Sebuah Topik Tugas Akhir Program Studi Akuntansi di Politeknik Batam

  • Muslim Ansori Program Studi Akuntansi, Politeknik Batam
  • Septiwi Septiwi Program Studi Akuntansi, Politeknik Batam

Abstract

Makalah ini merupakan ringkasan penelitian tugas akhir mahasiswa program studi Akuntansi (Septiwi, 2009.) Topik ini diangkat karena mahasiswa tersebut melakukan magang di Dinas Pendapatan Daerah Propinsi Kepulauan Riau. Tujuan penelitian ini antara lain untuk mengukur kontribusi pajak daerah terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Provinsi Riau sebelum dan setelah pemekaran, Membandingkan kontribusi pajak daerah terhadap PAD sebelum dan setelah pemekaran secara parsial maupun gabungan, mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan adanya perbedaan kontribusi pajak daerah terhadap PAD setelah pemekaran, menghitung pertumbuhan kontribusi pajak daerah terhadap PAD setelah pemekaran.

Data yang digunakan dalam penelitian ini data sekunder yang dikumpulkan dari berbagai sumber berupa data PAD kedua provinsi mulai tahun 2003 sampai dengan tahun 2007. Data tersebut kemudian diolah dengan perhitungan proporsi dan selisih secara matematis sederhana. Hasil perhitungan kemudian dipaparkan secara deskriptif.

Penelitian sederhana ini dapat mengungkapkan bahwa kontribusi pajak daerah terhadap PAD Provinsi Riau sebelum pemekaran 71,7% dan setelah pemekaran sebesar 79,25%. Perbandingan kontribusi pajak terhadap PAD sebelum pemekaran 71,7%. Setelah pemekaran secara parsial Provinsi Riau 79,25 Provinsi Kepri 92,44%, dan secara gabungan 87,47%. Faktor-faktor yang menyebabkan adanya perbedaan kontribusi pajak daerah terhadap PAD setelah pemekaran antara lain jumlah penduduk pemilik kendaraan bermotor, perbedaan kegiatan dalam rangka menggali sumber-sumber yang potensial untuk meningkatkan pajak daerah dari kedua Provinsi, dan Perbedaan kesadaran Wajib Pajak. Pertumbuhan kontribusi pajak daerah terhadap PAD setelah pemekaran untuk Provinsi Riau relative tetap sedangkan untuk Provinsi Kepri mengindikasikan peningkatan.

Topik penelitian tugas akhir ini terkait dengan mata kuliah perpajakan, matematika bisnis, statistik, metodologi penelitian bisnis, dan bahasa indonesia. Aspek pembelajaran bagi mahasiswa dalam penelitian ini antara lain kemampuan mengidentifikasi dan kemudian merumuskan masalah, merancang sebuah rencana penyelesaian masalah secara ilmiah dan sistematis, melaksanakan sebuah rencana yang telah disusun, mengumpulkan berbagai informasi relevan untuk menyelesaikan masalah, mengolah data, mendeskripsikan fakta, menulis sebuah laporan, mempersiapkan presentasi, mempertanggungjawabkan sebuah karya, menjelaskan sebuah karya terhadap orang lain.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2010-07-05