MODIFIKASI MESIN MOTOR RODA DUASERI BEAT ESP 2017 HEMAT ENERGI DENGAN METODE STROKE UP DAN BORE UP

Penulis

  • Kholis Nur Faizin Mesin otomotif,Politeknik Negeri Madiun
  • Achmad Aminudin Mesin Otomotif, Politeknik Negeri Madiun

DOI:

https://doi.org/10.30871/ji.v11i2.1175

Kata Kunci:

stroke up, bore up, Daya

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persediaan bahan bakar minyak di Indonesia yang  semakin menipis, sedangkan kebutuhan masyarakat semakin meningat. Energi tersebut juga tidak dapat diperbarui. Butuh ribuan bahkan jutaan tahun waktu yang dibutuhkan alam untuk membentuk bahan bakar minyak tersebut. Salah satu upayanya adalah untuk mengurangi konsumsi bahan bakar minyak. Usaha penyusun dalam mendukung program penghematan tersebut adalah melakukan modifikasi terhadap kendaraan. Tujuan penelitian dari ini, yaitu ingin mengetahui cara memodifikasi mesin agar menjadi lebih hemat bahan bakar dan mengetahui cara agar tingkat kebisingan suara tidak lebih dari 90 dB. Penelitian ini menggunakan metode stroke up, bore up dan camshaft low profil, sehingga karakter mesin menjadi overstroke. Overstroke berarti jarak stroke lebih panjang dari bore. Kendaraan ini akan menghasilkan kelebihan tarikan awal yang cepat dan torsi yang besar dan kuat serta penggunaan bahan bakar dapat diminimalisir. Penelitian ini diharapkan mampu mengoptimalkan pembakaran di dalam ruang bakar sehingga mereduksi konsumsi bahan bakar dan kebisingan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

[1] Haynes Publishing. Gayiler Bob. 2002. BREATHING-THE INDUCTION SYSTEM AIR BOXIES AND CLEANERS. USA
[2] Haynes Publishing. Gayiler Bob. 2002. COMBUSTION-THE POWER STROKE. USA
[3] Haynes Publishing. Gayiler Bob. 2002. ENGINE RELIABILITY. USA
[4] Haynes Publishing. Gayiler Bob. 2002. POWER. USA
[5] Haynes Publishing. Gayiler Bob. 2002. THE CAMSHAFT. USA
[6] Haynes Publishing. Gayiler Bob. 2002. THE EXHAUST SYSTEM. USA
[7] Haynes Publishing. Graham Bell. A. 2006. FOUR-STROKE PERFORMACE TUNING, (THIRD EDITION). California, North America
[8]http://78deka.com/2014/04/13/overbore-overstroke-overbore/ Diakses pada tanggal 23 Mei 2017, pukul 20.01 wib
[9]http://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Piston_rings.jpg Diakses pada tanggal 23 Mei 2017, pukul 20.34 wib
[10]http://ratmotorsport.wordpress.com/2013/11/11/durasi-lift-noken-as/ Diakses pada tanggal 20 Mei 2017, pukul 20.51 wib
[11] http://www.laskar-suzuki.com/2012/04/fungsi-klepkatupvalve-dan.html Diakses pada tanggal 2 Juni 2017, pukul 21.16 wib
[12] Ir. Witantyo M.Eng.Sc, DKK. 2014. Regulasi Teknis IEMC. ITS, Surabaya

Diterbitkan

2019-03-18