Optimasi Level of Detail dan Occlusion Culling dalam Game Aaron Lost in the Jungle
DOI:
https://doi.org/10.30871/jamn.v8i2.8020Kata Kunci:
Unity, Level of detail, Occlusion Culling, Game, OptimasiAbstrak
Penelitian ini menganalisis efektivitas teknik optimasi Culling Occlusion dan
Level of Detail (LOD) dalam meningkatkan performa game 3D yang tidak
optimal. Menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan
eksperimental. Culling Occlusion adalah teknik yang menyembunyikan objek
yang tidak terlihat oleh pemain, sementara LOD adalah teknik yang
menampilkan versi objek dengan detail yang berkurang berdasarkan jarak
antara pemain dan objek.Hasil menunjukkan bahwa dengan menggunakan
teknik LOD berhasil meningkatkan FPS sebesar 107%,sementara dengan
teknik Occlusion Culling hanya meningkatkan secara marginal yaitu
19%.Temuan ini mengindikasikan bahwa meskipun kedua teknik efektif
dalam mengoptimalkan performa, teknik LOD memberikan peningkatan yang
lebih signifikan.






