Analisis Efektifitas Iklan Video Pada Studio recording Dottore Menggunakan Pengukuran EPIC Model

Penulis

  • Supardianto Supardianto

DOI:

https://doi.org/10.30871/jamn.v7i2.6699

Kata Kunci:

Copywriting, iklan, epic model, Villamil-Molina

Abstrak

Video iklan memiliki peran penting dalam mempromosikan layanan dan meningkatkan brand awareness dari suatu bisnis, termasuk studio rekaman Dottore. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas iklan video yang digunakan oleh Dottore dalam mempengaruhi audiensnya. Metode pengembangan yang di gunakan adalah rancangan Villamil-Mollina, menggunakan EPIC model sebagai alat pengukurannya. Video iklan yang diteliti memiliki durasi 48 detik dan berfokus pada penyajian studio recording Dottore sebagai jawaban dari masalah dalam merekam audio. Pengukuran EPIC rate pada iklan ini menunjukkan hasil sebesar 4,09 dengan nilai efektif, menunjukkan bahwa iklan tersebut berhasil mencapai tujuan komunikasi dan mempengaruhi audiens dengan efektif. Analisis menggunakan EPIC model mengungkapkan bahwa iklan video Dottore mampu menarik perhatian dan minat audiens (empati), meyakinkan mereka untuk mempertimbangkan dan menggunakan layanan studio rekaman Dottore (persuasi), menciptakan efek dan kesan yang kuat pada audiens (dampak), serta menyampaikan pesan dengan jelas dan efisien (komunikasi). Hasil ini menegaskan bahwa iklan video dengan pendekatan visual storytelling dan konten yang kreatif dapat menjadi instrumen yang efektif dalam mencapai target pemasaran dan memperkuat brand awareness. Hasil dari penelitian ini memberikan wawasan dan rekomendasi bagi Dottore untuk terus mengoptimalkan penggunaan iklan video dalam strategi pemasarannya.

Unduhan

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-31