Game 3D "Lawan Narkoba" Menggunakan Metode Game Development Life Cycle (GDLC)
DOI:
https://doi.org/10.30871/jamn.v4i1.1634Kata Kunci:
NARKOBA, GAME, GDLCAbstrak
Narkoba memiliki dampak buruk terhadap generasi muda. Meningkatnya jumlah generasi muda yang terlibat dalam situasi ini telah berdampak pada masalah serius setiap tahun di Indonesia. Badan Narkotika Nasional melaporkan sekitar 3,5 juta orang telah menyalahgunakan penggunaan narkoba pada tahun 2017, di mana 1,4 juta adalah pengguna biasa dan satu juta telah menjadi pecandu narkoba. Dengan demikian, pendidikan dan pencegahan terus dilakukan untuk melindungi mereka. Beberapa Game Android mungkin membantu sebagai cara pencegahan dan juga media pembelajaran yang efektif. Penelitian ini bekerja pada sebuah Game sebagai cara pencegahan bagi generasi muda. Game dua tingkat ini memberi tahu pengguna tentang beberapa cara untuk mencegah dari narkoba seperti dampak cara menyelamatkan diri dari narkoba, serta jenis obat yang tersedia. Dengan mencapai ini, metode GDLC (Game Development Life Cycle) telah digunakan. Hasilnya menunjukkan bahwa 97,3% konten dapat dipahami oleh 30 orang responden