Analisis Perancangan Video Promosi Koran Digital Batam Pos: Case Study Menggunakan Metode Design Thinking

Penulis

  • Tia Cahya Politeknik Negeri Batam
  • Rini Amadia

DOI:

https://doi.org/10.30871/jamn.v9i1.10572

Kata Kunci:

Koran digital, Videografi, Design Thinking, Convenience Sampling, Single Ease Question

Abstrak

Dalam aspek penyampaian berita, terlebih setelah pandemi Covid-19, semakin mempercepat peralihan dari media cetak ke media digital, sama halnya dengan Batam Pos yang harus siap dalam menghadapi berbagai tantangan dalam hal digital. Salah satu solusi yang diterapkan oleh Batam Pos ialah berpindah medium dalam penyampaian berita, yaitu dari berupa koran cetak berpindah menjadi koran digital. Walaupun sudah berjalan sejak akhir 2023, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui bahwa koran cetak Batam Pos bisa diakses secara digital. Terhitung sejak Januari 2025 total pelanggan koran digital Batam Pos baru mencapai 60 orang, dengan target yang ingin dicapai pada tahun 2025 ini berjumlah 2500 orang. Sehingga penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mempromosikan koran digital Batam Pos kepada masyarakat menggunakan metode design thinking. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan uji validasi dari penanggung jawab produksi konten Batam Pos, diikuti oleh pengujian menggunakan metode Single Ease Question (SEQ) pada 100 responden. Hasil evaluasi menunjukkan nilai SEQ sebesar 4,06 yang termasuk dalam kategori baik/berhasil. Penelitian ini menyimpulkan bahwa video promosi yang dirancang mampu memenuhi kebutuhan informasi kepada calon pelanggan terkait alur dan manfaat berlangganan, serta berpotensi meningkatkan jumlah pelanggan koran digital Batam pos.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-31