Motion Graphic Sebagai Media Edukasi Cybercrime di Kalangan Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.30871/jamn.v7i1.5091Kata Kunci:
Kejahatan dunia maya, Motion Grafis, Villamil MolinaAbstrak
Cybercrime adalah tindakan kejahatan dengan menggunakan jaringan internet, kejahatan ini dapat terjerat kepada siapa saja, salah satunya adalah Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika, penulis telah menyebarkan kuesioner, untuk mendapatkan data korban kejahatan cybercrime Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika, diperoleh data bahwa korban kejahatan cybercrime lebih tinggi dibandingkan yang tidak terjerat menjadi korban cybercrime, hal tersebut terjadi karena kurangnya informasi yang diperoleh mahasiswa.
Motion graphic digunakan sebagai media untuk memberikan edukasi kepada Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika mengenai kejahatan cybercrime, media tersebut digunakan karena dapat menampilkan video dengan visual text, gambar dan audio yang menarik dan mudah dipahami.
Metode Penelitian yang digunakan adalah Research And Development (RND), dengan metode pengembangan produk yaitu Villamil Molina, dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, melalui pengujian alpha dengan metode wawancara kepada ahli media motion graphic dan pengujian beta dengan metode pengukuran skala likert kepada Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika, dan penelitian ini menghasilkan video motion graphic berdurasi 5 menit 12 detik dengan format mp4, dan memperoleh hasil analisis kelayakan produk dengan presentase 86% dan dikategorikan sangat layak.






