Implementasi Video Motion Graphic Penggunaan Aplikasi Ujian CBT Terhadap Pemahaman Siswa Dengan EPIC Model
DOI:
https://doi.org/10.30871/jamn.v6i1.4125Kata Kunci:
Motion graphic, Industry 4.0, State Vocational High School 3, Information MediaAbstrak
Penyampaian informasi di SMKN 3 Batam menggunakan metode konvensional yang di era revolusi industri 4.0 kurang diminati. Sehingga diperlukan suatu model penyampaian informasi yang lebih menarik dan mudah dipahami oleh khalayak, salah satunya adalah motion graphic. Berdasarkan kondisi tersebut, maka perlu dibuat atau dirancang sebuah video motion graphic yang menjadi salah satu alternatif sebagai media penyebaran informasi yang menarik dan disesuaikan dengan karakter siswa di era revolusi industri 4.0. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil dari 4 aspek Model EPIC dengan nilai empati sebesar 4,2, nilai persuasi sebesar 3,9, nilai dampak sebesar 4,13, dan nilai komunikasi sebesar 4,33. setelah itu cari nilai EPIC Rate dari keempat nilai tersebut dan dapatkan nilai EPIC Rate sebesar 4,15 dengan kategori efektif. Dari data-data yang telah diperoleh, dapat disimpulkan bahwa video cara penggunaan aplikasi Beesmart CBT ini efektif digunakan sebagai media untuk memberikan informasi tentang cara penggunaan aplikasi ujian Beesmart CBT untuk siswa SMK Negeri 3 batam.






