Comparative Analysis of Occlusion Culling & LOD Group Optimization Techniques in Mahakarya Vokasi VR Game with Oculus Quest 2 VR Device
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja grafis dalam pengembangan game VR Mahakarya Vokasi dengan menggunakan teknik optimasi Occlusion Culling dan Level of Detail Group (LOD). Melalui analisis data menggunakan Profiler dan Profiler Analyzer, penulis menganalisis parameter rendering seperti Setpass Calls, Draw Calls, Batches, Triangles, Vertices, Used Texture, Render Texture, Used Buffers, dan lain-lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknik optimasi Occlusion Culling dapat signifikan meningkatkan Frame Per Second (FPS) sebesar 13,26%, sementara teknik optimasi LOD tidak memberikan perubahan yang signifikan. Meskipun beberapa parameter tidak menunjukkan perubahan yang signifikan, penting untuk terus memantau dan mengoptimalkan parameter ini untuk menjaga kinerja game secara optimal. Penelitian ini memberikan panduan yang jelas bagi pengembang game VR dengan gameplay adventure dalam memilih teknik optimasi yang tepat untuk menciptakan pengalaman pengguna yang lebih stabil dan responsif.