Customer Preferences for Using the Gojek Application: A Conjoint Analysis Study
DOI:
https://doi.org/10.30871/jaemb.v12i1.8223Kata Kunci:
conjoint analysis, customer preference, product quality, product feature, product designAbstrak
Tujuan dari penelitian ini untuk memahami dan menentukan preferensi pelanggan terhadap aplikasi ride-hailing yaitu Gojek. Atribut produk digunakan sebagai variabel independen yang dikategorikan menjadi tiga indikator: atribut kualitas produk, fitur produk, dan desain produk. Preferensi ditentukan dengan mengukur utilitas dan nilai penting menggunakan metode analisis konjoin. Populasi penelitian adalah pengguna aplikasi Gojek di Batam dengan ukuran sampel sebanyak 160 responden dengan menggunakan aturan praktis yang ditetapkan untuk analisis konjoin. Data dikumpulkan melalui kuesioner online dan diolah menggunakan SPSS 22. Hasil penelitian menyatakan bahwa di antara tiga indikator atribut produk, fitur produk mendominasi preferensi responden yang dibuktikan dengan memiliki nilai penting tertinggi, dengan tingkat atribut fitur pembayaran GoPay sebagai yang paling disukai. Selanjutnya, terdapat atribut kualitas produk dengan tingkat atribut keamanan data dan privasi sebagai yang paling disukai, dan akhirnya atribut desain produk dibiarkan sebagai yang terakhir dengan nilai penting terendah, dan tingkat atribut kemudahan penggunaan sebagai yang paling disukai.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 JURNAL AKUNTANSI, EKONOMI dan MANAJEMEN BISNIS

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.




