Implementasi Work from Home terhadap Motivasi dan Kinerja Dosen di Indonesia
Abstract
Pandemi Covid-19 berdampak pada berbagai aspek kehidupan termasuk dalam dunia pendidikan. Dalam upaya memutus mata rantai Covid-19, Pemerintah mengeluarkan kebijakan bahwa pelaksanaan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi dilakukan secara daring dengan konsep work from home (WFH). Kehadiran WFH menimbulkan pro dan kontra dikalangan akademisi. Hasil pengujian antar variabel WFH berpengaruh langsung dan signifikan terhadap motivasi, dimana nilai CR sebesar 13,914 > 1,96 dan nilai p (0,000) lebih kecil dari 0,05. WFH berpengaruh langsung dan signifikan terhadap kinerja, dimana nilai CR sebesar 2,557 > 1,96 dan nilai p (0,011) lebih kecil dari 0,05, dan motivasi tidak berpengaruh langsung dan signifikan terhadap kinerja, dimana nilai CR 1,581 < 1,96 dan nilai p (0,114) lebih besar dari 0,05. Hasil penelitian ini memberikan gambaran tentang konsep WFH dalam bidang pendidikan khususnya perguruan tinggi, pengajaran yang dilakukan secara daring dengan aplikasi yang dapat digunakan bersama oleh dosen dan mahasiswa seperti Google Class, e-learning, dan lainnya. Penelitian ini menggunakan Google Form dalam menyebarkan kuesioner, namun kegiatan pengabdian masyarakat belum mendapatkan solusinya. Kegiatan dalam pekerjaan lainnya yang terkait dengan pelayanan akademik masih dilakukan dengan WFH dan setiap kegiatan dipantau secara berkala.