Pengaruh Promosi dan Shopping Emotion Serta Pembelian Impulsif Terhadap Keputusan Pembelian Merchandise NCT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi pemasaran dalam keputusan pembelian merchandise dari boygroup NCT (Neo Culture Technology) yang dipengaruhi oleh variabel promosi dan pembelian impulsif. Permasalahan yang dikaji meliputi faktor apa saja yang ditelaah dalam penggemar dari boygroup tersebut dalam melakukan keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh member dari group order (GO) “Noona Stuff” melalui aplikasi LINE. Responden pada penelitian ini sebanyak 160 melalui penyebaran kuesioner yang dipilih menggunakan teknik nonprobability sampling. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengolahan data dilakukan dengan menggunakan Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dalam mengkaji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi berpengaruh negatif terhadap keputusan pembelian, shopping emotion berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, dan pembelian impulsif berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian.