Antesedan Pembelian Impulsif Produk Uniqlo dengan Emosi Positif sebagai Variabel Mediasi pada Konsumen Wanita

  • Novia Arija Universitas Mulawarman
  • Arwin Sanjaya

Abstract

Perilaku konsumen wanita memiliki ragam kebutuhan dan keinginan dalam melakukan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari perilaku pembelian konsumen wanita secara impulsif yang dalam hal ini adalah produk UNIQLO, dengan mengetahui pengaruh dari Gaya Hidup Belanja dan Motivasi Belanja Hedonis dengan Emosi Positif serta dampaknya terhadap Pembelian Impulsif. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif melalui metode asosiatif dengan menggunakan skala likert. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik nonprobability sampling dengan sampel sebanyak 108 responden dari konsumen wanita produk UNIQLO. Penelitian ini menggunakan Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) untuk menguji hipotesis. Hasil dari penelitian ini hanya mendukung tiga hipotesis diantara seluruh hipotesis yaitu variabel gaya hidup belanja dan motivasi belanja hedonis signifikan dalam memengaruhi emosi positif, serta pengaruh variabel emosi positif secara positif signifikan terhadap pembelian impulsif menjadi tingkat hubungan tertinggi dengan nilai original sampel sebesar 0,559 atau 59%, sedangkan dua hipotesis yang diajukan ditolak dengan nilai original sampel hanya sebesar 0,028 atau 28% yaitu gaya hidup belanja dan motivasi belanja hedonis tidak memiliki pengaruh secara signifikan terhadap pembelian impulsif. Pada penelitian ini membuktikan bahwa konsumen wanita di Kota Samarinda lebih mementingkan produk yang ingin dibeli sesuai dengan kebutuhan bukan dengan gaya hidup berbelanjanya dengan menghabiskan waktu dan uangnya serta tidak ada motivasi hedonis ketika berbelanja produk UNIQLO dengan pengalaman seperti berpetualang saat berbelanja.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-03-30
How to Cite
Arija, N., & Sanjaya, A. (2023). Antesedan Pembelian Impulsif Produk Uniqlo dengan Emosi Positif sebagai Variabel Mediasi pada Konsumen Wanita. Journal of Applied Business Administration, 7(1), 19-30. https://doi.org/10.30871/jaba.v7i1.5219