STRATEGI PENINGKATAN EMPLOYEE ENGAGEMENT MELALUI PROGRAM FLEXIBLE BENEFIT PT BNI (PERSERO) TBK KCU BOGOR
Abstract
Persentase angkatan kerja boomers, generasi X, dan Y didominasi oleh generasi Y sebesar 51% (BPS, 2017) dari total angkatan kerja di Indonesia tahun 2015-2017, begitu juga dengan PT BNI (Persero) Tbk KCU Bogor yaitu sebesar 70% karyawan generasi Y. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengidentifikasi persepsi karyawan tentang program flexible benefit. (2) Mengidentifikasi employee engagement. (3) Menganalisis strategi meningkatkan employee engagement melalui program flexible benefit. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan Analytical Hierarchy Process (AHP). Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi meningkatkan employee engagement melalui program flexible benefit sebagai instrumen tambahan dalam mempertahankan karyawan terbaik layak untuk dilanjutkan dengan aspek dedication sebagai faktor terpenting dan alternatif strategi terpenting adalah fokus pada pengembangan karyawan, melalui empat program prioritas lainnya, yaitu BNI Learning Wallet (BLW), BINNOVA, BNI Expert Locator, dan Shared Office.