ANALISIS PROMOSI PENJUALAN GOPAY DENGAN MENGGUNAKAN SOCIAL NETWORK ANALYSIS DI MEDIA SOSIAL TWITTER
Abstract
Terdapat peningkatan yang signifikan dalam volume transaksi elektronik di 2018, Gopay adalah penyedia E-Wallet dengan pengguna yang paling aktif dan promosi adalah strategi pemasaran yang paling aktif dari Gopay. Saat ini banyak orang memposting pengalaman mereka di media sosial dan ada cara untuk mengakses data tersrbut, yaitu dengan menggunakan API (Application program interface). Tujuan dari studi ini adalah untuk mengetahui tentang promosi penjualan Gopay di Twitter dan analisis jaringan sosial Gopay dalam bentuk pemeran kunci dalam menyebarkan informasi tentang promosi penjualan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan metode kuota sampling, karena pengambilan data dibatasi menggunakan perangkat lunak RSstudio. Analisis Jaringan Sosial digunakan untuk teknik analisis data yang akan memvisualisasikan jaringan dengan bantuan perangkat lunak Gephi serta menentukan pmeeran kunci. Berdasarkan hasil analisis properti jaringan sosial, Gopay memiliki node 4.021 dan edge 2.358 yang berarti bahwa tidak semua node (users) terhubung satu sama lain. Ini berarti bahwa pengguna yang berbicara tentang promosi penjualan Gopay kurang aktif dalam percakapan karena jumlah jaringan atau hubungan kurang dari jumlah node. Gopay memiliki diameter 14, semakin kecil diameter maka informasinya lebih cepat disebarluaskan. Tingkat keterhubungan Jaringan sosial Gopay adalah 1.175 yang berarti bahwa satu node hanya memiliki nilai keterhubungan kepada 1 simpul lainnya dalam jaringan. Dan rata – rata nilai panjang jalur adalah 5,07 menunjukkan jarak informasi untuk mencapai simpul lain adalah 5 hop.