ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN SEPEDA MOTOR YAMAHA VIXION DI KECAMATAN BANGKINANG KOTA, KABUPATEN KAMPAR, RIAU

  • Suryalena Suryalena Universitas Riau
  • Sri Zuliarni Universitas Riau
Keywords: Kepuasan Konsumen, Pendekatan Kano, Kualitas Produk, Harga, Kualitas Jasa, Emosional, Biaya atau Kemudahan, Yamaha Vixion

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan konsumen dalam menggunakan sepeda motor Yamaha Vixion di Kecamatan Bangkinang Kota., Kabupaten Kampar, Riau. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah melalaui questionnaire dan sebagai responden adalah seluruh konsumen yang aktif pada Yamaha Vixion Club (YVC) Chapter Bangkinang sebanyak 30 orang. Analisis data menggunakan metode deskriptif dan kuantitatif dengan pendekatan Kano. Penelitian ini menggunakan variabel kepuasan konsumen dengan 5 dimensi yaitu, kualitas produk, harga, kualitas jasa, emosional serta biaya atau kemudahan. Berdasarkan tanggapan responden bahwa kualitas produk memiliki fungsi linear dengan tingkat kepuasan konsumen. Berbeda dengan harga, bahwa konsumen menjadi tidak puas dengan penetapan harga yang rendah,  namun apabila penetapan harga ditingkatkan tidak pula dapat menyebabkan kepuasan konsumen meningkat. Sementara kualitas jasa dan emosional adalah dimensi kepuasan konsumen kejutan (attracive). Artinya, kualitas jasa dan emosional sangat menyenangkan hati konsumen. Karena dianggap sebagai value added atau bonus, sehingga rendahnya pelaksanaan kualitas jasa dan emosional tidak menyebabkan konsumen tidak puas. Sedangkan, biaya atau kemudahan merupakan dimensi yang tidak menghasilkan kepuasan maupun ketidakpuasan konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-05-02
How to Cite
Suryalena, S., & Zuliarni, S. (2019). ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN SEPEDA MOTOR YAMAHA VIXION DI KECAMATAN BANGKINANG KOTA, KABUPATEN KAMPAR, RIAU. Journal of Applied Business Administration, 1(1), 122-138. https://doi.org/10.30871/jaba.v1i1.1272