Cerita Rakyat Interaktif "Malin Kundang"

  • Muchamad Fajri Amirul Nasrullah Politeknik Negeri Batam
  • Sandi Prasetyaningsih Politeknik Negeri Batam
  • Riki Riki Politeknik Negeri Batam
  • Michael Jones Politeknik Negeri Batam
  • Harist Setya Nugraha Politeknik Negeri Batam
Kata Kunci: Malin Kundang, Cerita Rayta Interaktif, Permainan

Abstrak

Masyarakat semakin terdorong oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menggunakan dan mengembangkan capaian teknis di berbagai bidang, khususnya multimedia. Salah satu cara memanfaatkan cerita rakyat interaktif yang cocok dan menyenangkan, terutama bagi anak muda, adalah dengan menghasilkan cerita rakyat interaktif. Karena dikemas dalam dua kajian yang unik dan menarik bagi penggunanya, dimaksudkan menjadi sesuatu yang baru dan tidak membosankan dalam proses belajar dan membaca bagi anak muda. Peneliti menggunakan cerita rakyat Malin Kundang yang bersumber dari cerita rakyat Sumatera Barat dalam penelitian ini. Kisah interaktif ini dibuat dengan menggunakan basis animasi dua dimensi. Pengguna akan diberikan cerita tentang Malin Kundang dan ibunya, dari Malin Kundang muda hingga menikah dengan Malin Kundang, dalam cerita rakyat interaktif ini. Cerita rakyat interaktif ini berisi banyak narasi yang berbeda, masing-masing dengan akhir dan perkembangan cerita yang berbeda, sehingga anak-anak akan terlibat dan tidak bosan dengan alur cerita yang bervariasi dan dapat belajar dari berbagai kualitas dan karakter dalam cerita rakyat interaktif ini

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Crawford, Chris. 2012. Interactive Storytelling. New Rider, Berkeley.

B, Barbaros., M, Tim. 2012. Fundamentals of Interactive Storytelling, Academic Journal of I formation technology, Vol 3, Iss 8. Istanbul

Sukmawan, Sony., 2014. Representasi Budaya Jawa dalam Dongeng si Kancil (Sebuah Kajian Budaya). Jurnal Penelitian.

K. Akviri., K, Manos., K, Vassilis., P, Sara., R, Maria., I, Yannis. 2018. Applying Interactive Storytelling in Cultural Heritage: Opportunities, Challenges and Lessons Learned. International Conference on Interactive Digital storytelling. Pp 603-612.

J, Porteour., F, Charles., C, Smith., M, Cavazza., J, Mouw., P, Van den Broek., 2017 Using Virtual Narratives to Explore Children’s Story Understanding. Proceeding of the 16th Conference on Autonomus Agents and MultiAgent Systems. Sao Paulo.

A, Yefanov., V, Tomin., 2020 Segmentation and Profiling of Media Communications: Industrial and Educational Determinants. 5th Research Conference “Communication trends in the post-literacy era.

E, Purwantoro., 2017. Kajian Karakter Rupa dongeng Sang Kancil Pada Media Komunikasi Visual. Widyakala Volume 4 No.2

Moon, Yuliaa Jetia., Nesi, Antonius., 2020. Citra Perempuan Dalam Dongeng-Dongeng Daerah NTT. Pustaka und.ac.id.

S, Noprita Elisabeth., H, Rani, 2021 Designing a Visual Novel Game in Nusantara Folklore The Origin of Lake Toba' using Renpy Visual Novel Engine, Jurnal Sisfotenika, Volume 11, No 1.

Perry, S., Roussou, M., Economou, M., Young, H., Pujol, L. 2017. Moving beyond the virtual museum: engaging visitors emotionally. Proceedings of the 23rd International Conference on Virtual Systems and Multimedia -VSMM. IEEE, Dublin.

Diterbitkan
2021-10-29

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

<< < 1 2