dalam, pada Peran Komik Strip “Proyek Molor” dalam Strategi Pemasaran Digital pada Perusahaan GoCement

Penulis

  • Natasha Audrey Susandi Universitas Tarumanagara
  • Nuryadi

DOI:

https://doi.org/10.30871/jamn.v9i1.9885

Kata Kunci:

Video, Company Profile, Branding, Visual Storytelling, Thiagarajan (4D), EPIC Model, Komik strip, Media Sosial, Pemasaran konten; Keterlibatan pelanggan; Instagram; Strategi konten

Abstrak

Revolusi digital telah sepenuhnya mengubah cara perusahaan melakukan pendekatan pemasaran, terutama di industri seperti konstruksi yang secara tradisional mengandalkan metode konvensional. Sejak saat itu, komik strip dipandang sebagai media yang efektif untuk membangun identitas merek dan terhubung dengan audiens. Kombinasi unik antara visual dan cerita yang mereka miliki mampu menembus kebisingan konten digital, membuat topik-topik yang kompleks menjadi mudah diakses dan mudah diingat. Studi ini meneliti bagaimana GoCement, sebagai platform konstruksi yang progresif, telah mengintegrasikan komik strip ke dalam strategi pemasaran digitalnya. Dengan menggunakan pendekatan desain terstruktur dari Robin Landa, proses lima tahap (orientasi, analisis, konsepsi, desain, dan implementasi) digunakan untuk membuat komik strip yang selaras dengan nilai-nilai merek GoCement. Tujuan dari proyek ini adalah untuk meningkatkan keterlibatan, dengan audiens yang tidak hanya berinteraksi lebih sering tetapi juga mempertahankan pesan-pesan merek lebih lama. Wawasan dari proyek ini menunjukkan bagaimana komik berjudul “Proyek Molor” dapat mengingatkan dan mengedukasi pembaca cara menggunakan aplikasi GoCement untuk menghindari kesalahan. Pendekatan ini menawarkan cara untuk menyeimbangkan edukasi, promosi dan hiburan, membuat konten khusus yang menarik bagi para ahli dan pendatang baru. Strategi ini menyoroti semakin pentingnya penceritaan visual yang kreatif dalam pemasaran B2B, di mana penampilan yang menonjol dan teringat sama pentingnya dengan kampanye yang berhadapan langsung dengan konsumen.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-31