Backpropagation ANALISA DATA PERGERAKAN TANGAN UNTUK OBJEK ANIMASI 3D DENGAN METODE BACKPROPAGATION MENGGUNAKAN DATA INPUT APLIKASI LEAPMOTION

Paper

  • Fredi Aryanto Politeknik Negeri Batam

Abstract

Teknologi Informasi saat ini berkembang sangat maju . Dengan ditemukan berbagai macam teknologi yang mengembangan informasi menyebabkan teknologi informasi berkembang dengan pesatnya, setiap informasi yang ada di dunia semakin mudah untuk didapatkan dengan waktu yang relatif singkat menggunakan teknologi yang semakin canggih. Perkembangan teknologi yang terus meningkat dibidangnya mempengaruhi perkembangan informasi yang semakin mudah diakses. Perkembangan teknologi informasi akan menjadi penggerak utama yang  sangat penting dalam pertumbuhan ekonomi dunia ke depan. Teknologi informasi juga dipandang sebagai hal yang sangat penting dalam perluasan kesempatan belajar serta memperolehan informasi masyarakat di dunia. Berkembangannya dunia teknologi tidak terlepas dari perkembangan teknologi pada bagian sistem anggota tubuh manusia. Dengan menggunakan perangkat pendeteksi gerak leapmotion, pengguna dapat mensimulasikan objek animasi 3D. Perangkat tersebut dapat mendeteksi tangan sehingga pengguna dapat mensimulasikan objek animasi 3D dengan menggunakan metode Backpropagation agar bisa menjadi acuan ilmu terapan lainnya. Simulasi ini dibangun menggunakan perangkat lunak Unity, dan leapmotion core asset sebagai library untuk menghubungkan perangkat dengan Unity. Simulasi ini dapat menampilkan objek animasi 3D. Dengan ini penulis membuat sebuah aplikasi simulasi yang dapat menggerakkan objek animasi 3D tersebut dengan menggunakan pergerakan tangan. Simulasi dapat dijadikan sebagai alternatif untuk membangun sebuah sistem lebih baik. Penilitian ini mendapatkan hasil terbaik Mean Absolute Percentage Error, sebesar 1.15%  dan akurasi 96.667% dari beberapa pengujian.

Published
2018-12-15