Pembuatan Animasi 2D "Nampak Gonggong" sebagai Media Pengenalan Batik Gonggong

Penulis

  • Nurul Janah Politeknik Negeri Batam
  • Laura Lumombo
  • Yusuf Rizky Nur Cahyono

DOI:

https://doi.org/10.30871/jamn.v9i1.10230

Kata Kunci:

Animasi 2D, Batik gonggong, Cut-out animation, Metode penciptaan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memperkenalkan dan melestarikan batik gonggong sebagai salah satu warisan budaya lokal Kepulauan Riau melalui media animasi 2D. Permasalahan yang diangkat adalah menurunnya minat generasi muda terhadap batik gonggong, yang disebabkan oleh kurangnya promosi dan pemahaman terhadap nilai budayanya. Penelitian ini menggunakan metode penciptaan, dimulai dari observasi visual terhadap motif batik gonggong serta pengumpulan data literatur terkait. Proses produksi meliputi tahap pra-produksi (perumusan ide, penulisan naskah, pembuatan storyboard, desain karakter, dan desain batik), produksi (pembuatan aset visual, rigging, animasi dengan teknik cut-out animation, serta penambahan efek visual), hingga pasca-produksi (compositing, editing, koreksi warna, dan penambahan audio). Hasil akhir berupa video trailer animasi berdurasi 1 menit 14 detik dalam resolusi Full HD yang dipublikasikan melalui YouTube. Melalui media animasi 2D yang memadukan kekuatan visual dan storytelling, karya ini diharapkan dapat menjadi sarana edukatif yang menarik dan mendukung upaya pelestarian batik gonggong, serta memberikan kontribusi dalam pengembangan media promosi budaya lokal.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-31