PRAKTIK SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PENGELOLAAN KEUANGAN SEKOLAH
Abstract
Studi ini bertujuan mengungkap praktik sistem pengendalian internal (SPI) pengelolaan keuangan di sekolah. Pengendalian internal merupakan proses yang dirancang untuk memberikan keyakinan yang memadai mengenai pencapaian tujuan dan efektivitas pelaksanaan program dan kegiatan serta dipatuhinya perundang-undangan. Unsur-unsur SPI terdiri dari lingkungan pengendalian, penetapan risiko, aktivitas pengendalian, informasi dan komunikasi serta pemantauan. Analisis data kualitatif digunakan untuk menganalisis data penelitian ini. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner, wawancara dan focus group discussion. Hasil penelitian menemukan bahwa penerapan pengendalian internal pengelolaan keuangan sekolah di Kota Jambi sudah baik. Penerapan tertinggi pada unsur lingkungan pengendalian, sedangkan penerapan terendah pada unsur pemantauan. Penyebab SPI belum optimal diterapkan antara lain karena keterbatasan sumber daya manusia, keterbatasan auditor internal dan pengawas pengelolaan keuangan sekolah dan belum tertib dokumentasi penerapan SPI.