ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NIAT PEMBELIAN SEPATU OLAHRAGA BERMERK MEWAH DI KOTA BATAM
Abstract
Merek mewah menjadi faktor yang mempengaruhi niat pembelian, kemudian dengan adanya pengaruh sosial yang memicu, dan juga pengaruh dari faktor kebanggaan dalam memiliki produk bermerek mewah menjadikan niat pembelian tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh merek mewah, pengaruh sosial, kemudian kebanggaan sebagai variabel yang mengintervensi dalam pengaruhnya terhadap niat pembelian konsumen dalam membeli produk sepatu olahraga di Kota Batam. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan structural equational modelling yang meneliti pengaruh variabel-variabel independen terhadap variabel intervening dan dependen, kemudian variabel intervening mempengaruhi variabel dependen. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 188 responden dari gerai penjualan sepatu olahraga yang ada di pusat-pusat perbelanjaan di Kota Batam. Teknik penarikan sampel menggunakan convinience sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang mengunjungi gerai resmi penjualan sepatu olahraga yang ada di pusat perbelanjaan di Kota Batam.