Keterhubungan Kepercayaan pada Streamer dan Kepercayaan pada Produk dan Pengaruhnya pada Niat Beli dan Kesediaan Membayar Lebih Pengguna Live Commerce
DOI:
https://doi.org/10.30871/jaemb.v12i1.6894Kata Kunci:
live commerce, belanja daring, streamerAbstrak
Media live commerce memfasilitasi perdagangan yang lebih transparan. Penelitian ini menguji pengaruh variabel kepercayaan pada streamer pada kepercayaan pada produk dan pengaruh variabel kepercayaan pada niat beli dan kesediaan membayar lebih. Penelitian ini mengisi dua kesenjangan empiris. Pertama, penelitian mengenai perilaku pengguna live commerce jumlahnya masih terbatas. Kedua, penelitian sebelumnya tentang live commerce terbatas pada satu platform dan pada satu kategori produk saja. SEM-PLS digunakan untuk analisis pada 956 data pengguna live commerce. Kepercayaan pada streamer terdukung secara statistik berpengaruh positif pada kepercayaan pada produk. Kepercayaan pada streamer dan kepercayaan pada produk terdukung secara statistik berpengaruh positif pada niat beli dan kesediaan membayar lebih. Studi ini diharapkan bisa menambah literatur penelitian dan berkontribusi dalam menggeneralisasi pengujian pada semua platform live commerce di Indonesia dan semua kategori produk.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.




