DAMPAK KEPEMIMPINAN OTENTIK DAN KOMUNIKASI YANG TRANSPARAN TERHADAP REPUTASI INTERNAL

  • Adi Irawan Setiyanto Manajemen Bisnis, Politeknik Negeri Batam
  • Evi Yulistiana Manajemen Bisnis, Politeknik Negeri Batam
Keywords: Kepemimpinan otentik, komunikasi yang transparan, reputasi internal

Abstract

Kepemimpinan adalah suatu yang melekat pada diri seorang pemimpin yang memiliki sifat-sifat tertentu: kepribadian, kemampuan, kesanggupan, kepemimpinan sebagai kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dengan kedudukan serta gaya atau perilaku pemimpin itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris dampak dari kepemimpinan otentik dan komunikasi yang transparan menurut persepsi karyawan di Batam. Berdasarkan literatur yang ada menyatakan bahwa dengan adanya faktor penting dalam pencapaian sebuah reputasi yang baik adalah dengan adanya variabel kepemimpinan otentik dan komunikasi yang medasar. Sampel yang diambil ialah karyawan umum yang bekerja pada perusahaan manufaktur yang berada dikawasan industrial kota Batam. Teknik pengolahan data pada penelitian ini adalah menggunakan regresi linier sederhana, dengan penarikan sampel menunggunakan teknik nonprobability sampling, yaitu purposive sampling. Hasil dari penelitian ini konsisten dengan penelitian sebelumnya, yang menyatakan bahwa kepemimpinan otentik dan komunikasi yang trasnparan secara positif berpengaruh terhadap reputasi internal organisasi atau perusahaan. keterbatasan dalam penelitian ini adalah metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebar pada satu kawasan industri, sehingga sangat memungkinkan datanya bersifat subyektif. Implikasi pada penelitian ini adalah untuk dapat menjadi pertimbangan sebuah perusahaan untuk mengetahui bahwa faktor-faktor ini dapat membantu perkembangan sebuah organisasi untuk mencapai tujuan sehingga tidak terjadi kesenjangan sosial dalam suatu organisasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-07-30