Marketing Capability and Creativity and Innovation on the Success of Community MSMEs

(Study on MSMEs Assisted by PT Pertamina Refinery Unit (RU) II Sei Pakning)

Penulis

  • Mandataris Mandataris Universitas Riau
  • Kasmiruddin Kasmiruddin Universitas Riau
  • Ruzikna Ruzikna Universitas Riau
  • Syofiatul Safitri Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.30871/jaemb.v12i2.4755

Kata Kunci:

kemampuan pemasaran, Kreativitas, inovasi, Keberhasilan umkm

Abstrak

Tujuan dari penelitin ini adalah untuk mengetahui dan melihat pengaruh dari kemampuan pemasaran dan kreativitas serta inovasi terhadap keberhasilan UMKM masyarakat (studi pada UMKM Binaan PT. Pertamina RU II Sei Pakning). Penarikan sampel dilakukan secara propotionate stratified random sampling.  Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, kuisioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemasaran UMKM masih terkendala dalam hal distribusi. Kreativitas UMKM juga belum begitu baik, karena adanya keraguan UMKM untuk memproduksi produk baru dan masih kurangnya kemampuan untuk mencari solusi dari permasalahan yang dihadapi. Hasil penelitian juga menyatakan bahwa  kemampuan pemasaran, kreativitas dan inovasi memberikan pengaruh yang positif dan siginifikan terhadap keberhasilan UMKM Binaan PT. Pertamina RU II Sei Pakning.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2024-12-31