Marketing Capability and Creativity and Innovation on the Success of Community MSMEs
(Study on MSMEs Assisted by PT Pertamina Refinery Unit (RU) II Sei Pakning)
DOI:
https://doi.org/10.30871/jaemb.v12i2.4755Kata Kunci:
kemampuan pemasaran, Kreativitas, inovasi, Keberhasilan umkmAbstrak
Tujuan dari penelitin ini adalah untuk mengetahui dan melihat pengaruh dari kemampuan pemasaran dan kreativitas serta inovasi terhadap keberhasilan UMKM masyarakat (studi pada UMKM Binaan PT. Pertamina RU II Sei Pakning). Penarikan sampel dilakukan secara propotionate stratified random sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, kuisioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemasaran UMKM masih terkendala dalam hal distribusi. Kreativitas UMKM juga belum begitu baik, karena adanya keraguan UMKM untuk memproduksi produk baru dan masih kurangnya kemampuan untuk mencari solusi dari permasalahan yang dihadapi. Hasil penelitian juga menyatakan bahwa kemampuan pemasaran, kreativitas dan inovasi memberikan pengaruh yang positif dan siginifikan terhadap keberhasilan UMKM Binaan PT. Pertamina RU II Sei Pakning.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.




