Pemetaan dan Analisis Faktor yang Mempengaruhi Persentase Usaha E-Commerce di Indonesia

Penulis

  • Wahyuni Windasari Universitas Putra Bangsa
  • Tuti Zakiyah Universitas Putra Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.30871/jaemb.v9i2.2999

Kata Kunci:

E-Commerce, Spasial, GWR

Abstrak

Perkembangan teknologi dan informasi membawa dampak pada pertumbuhan E-Commerce di Indonesia. Sebagai pasar E-Commerce besar di ASEAN, usaha E-Commerce di Indonesia masih terpusat di Pulau Jawa dan Sumatera. Hal ini mengindikasikan masih belum meratanya usaha E-Commerce di Indonesia. Pada penelitian ini dibahas terkait ada tidaknya pengaruh faktor spasial atau kewilayahan pada persentase usaha E-Commerce di Indonesia. Metode yang digunakan adalah Geographical Weighted Regression (GWR). Hasil analisis mengklasifikasikan 34 provinsi di Indonesia menjadi lima kelompok berdasarkan model signifikan yaitu (1) Enam provinsi di Indonesia signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, (2) Sembilan provinsi signifikan terhadap keahlian di bidang TIK, (3) Dua provinsi signifikan terhadap keahlian di bidang TIK dan ketersediaan BTS, (4) Tiga provinsi signifikan terhadap keahlian di bidang TIK dan pertumbuhan ekonomi, (5) Empat belas provinsi di Indonesia tidak signifikan terhadap variabel prediktor yang digunakan pada penelitian ini.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Tuti Zakiyah, Universitas Putra Bangsa

Program Studi S1 Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Diterbitkan

2021-12-31