FAKTOR KUNCI KEBERHASILAN RITEL MODERN DI INDONESIA

  • Harmon Chaniago Jurusan Adm. Niaga, Politeknik Negeri Bandung
  • Iwan Mulyawan
  • Tintin Suhaeni Jurusan Adm. Niaga, Politeknik Negeri Bandung
  • Rahil Jumiyani Jurusan Teknik Komputer, Politeknik Negeri Bandung
Keywords: ritel modern, faktor kunci keberhasilan minimarket, daya tarik ritel, aplikasi sistem bisnis ritel

Abstract

Penelitian ini bertujuan mencari faktor kunci keberhasilan ritel modern kelompok minimarket dan faktor apa yang menjadi daya tarik bagi konsumennya. Objek penelitian adalah semua ritel modern/minimarket dan beroperasi di Kota Cimahi, Jawa Barat. Sedangkan subjek penelitiannya adalah semua konsumen ritel tersebut. Total konsumen menjadi responden ada 388 responden. Untuk mendapatkan hasil maksimal, digunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Analisis data memakai analisis faktor, uji rata-rata dan test rank. Hasil penelitian diperoleh informasi ada 10 faktor penentu keberhasilan ritel modern, yaitu: strategi bisnis ritel, tampilan fisik ritel, citra ritel, merchandise & assortment, komunikasi yang dipercaya, efektivitas teknologi pembayaran, customer service, media promosi, profesional SDM, jaminan pembayaran. Faktor dominan penentu keberhasilan ritel modern berupa efektivitas penggunaan teknologi pembayaran dan tampilan fisik toko/ritel. Faktor tersebut adalah kunci yang menyebabkan ritel modern disukai konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-27

Most read articles by the same author(s)