Penerapan Aplikasi Komputer dalam Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus: Kereta Api Ekonomi AC Yogyakarta)

  • Evaliata Br Sembiring Politeknik Negeri Batam, Program Studi Teknik Informatika
  • Elieser Firnando Tarigan Universitas Putera Batam, Fakultas Ekonomi - Program Studi Manajemen
Keywords: Aplikasi, SPSS, SmartPLS

Abstract

Teknologi informasi yang semakin berkembang, semakin memposisikan program komputer sebagai salah satu tool penting untuk membantu menyelesaikan suatu masalah. Dalam penentuan kualitas pelayanan, fasilitas, dan harga terhadap kepuasan pelanggan pada jasa transportasi kereta api ekonomi AC Yogyakarta dibantu oleh aplikasi komputer. Peranannya yang penting dapat membantu dalam pengolahan data dan beberapa pengujian data sehingga dapat dianalisis tentang pengaruh fasilitas, harga, pelayanan terhadap kepuasan pelanggannya. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial. Oleh karena itu, aplikasi yang digunakan antara lain: (1) MS. Excel untuk pengolahan data mentah dengan membuat data dalam bentuk tabulasi untuk digunakan pada proses pengujian dan analisis; (2) SPSS untuk pengujian validitas dan reliabel untuk analisis deskriptif; (3) SmartPLS untuk pengujian indikator (outer model) dan pengujian hipotesis (inner model) untuk analisis inferensial. Hasil yang diperoleh bahwa: (1) aplikasi komputer cukup memiliki peranan penting dalam menentukan pengaruh variabel terhadap kepuasan pelanggan; (2) aplikasi cukup mudah digunakan, apabila pengguna menguasai teori dan konsep tentang metode analisis yang digunakan serta menyiapkan data yang lengkap sebagai syarat untuk analisis; (3) hasil pengujian dan analisis yang diperoleh cukup baik dan valid

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-12-01