ANALISIS PENGARUH STRATEGI BAURAN PEMASARAN TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KEMBALI PADA DESTINASI WISATA PANTAI CAROCOK PAINAN KABUPATEN PESISIR SELATAN (STUDI KASUS PADA WISATAWAN DOMESTIK)

  • Yofina Mulyati Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dharma Andalas
  • Miko Afrinata Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dharma Andalas
Keywords: Bauran Pemasaran, Minat Berkunjung kembali

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi bauran pemasaran terhadap minat berkunjung kembali di objek wisata Pantai Carocok Painan Kabupaten Pesisir Selatan (studi kasus pada wisatawan domestik).  Penelitian ini menggunakan variabel bebas (X) yaitu Produk (X1), Harga (X2), Promosi (X3), Tempat (X4), Orang (X5), Proses (X6) dan Bukti Fisik (X7), serta variabel terikat (Y) yaitu Minat Berkunjung Kembali (Y). Populasi adalah semua wisatawan domestik yang berkunjung ke objek wisata pantai Carocok Painan. Teknik pengambilan sampel purpossive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 150 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil yang didapat dari penelitian ini menunjukkan secara persial variabel produk, promosi, lokasi dan bukti fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Berkunjung Kembali. Sedangkan variabel harga dan proses berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Minat Berkunjung Kembali. Sementara variabel Orang berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Minat Berkunjung Kembali. Kemudian variabel Produk, Harga, Promosi, Lokasi, Orang, Proses, dan Bukti Fisik secara simultan  mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap Minat Berkunjung Kembali.

Published
2018-12-31