Pengembangan dan Implementasi Sistem Informasi Kelurahan Berbasis Website (Studi Kasus: Kantor Kelurahan Pulau Buluh, Kota Batam)

  • Ahmadi Irmansyah Lubis Politeknik Negeri Batam https://orcid.org/0000-0002-7323-9165
  • Alena Uperiati Politeknik Negeri Batam
  • Supardianto Supardianto Politeknik Negeri Batam
  • Noper Ardi Politeknik Negeri Batam
  • Sartikha Sartikha Politeknik Negeri Batam
  • Ahmad Hamim Thohari Politeknik Negeri Batam
  • Afdhol Dzikri Politeknik Negeri Batam
  • Evaliata Br. Sembiring Politeknik Negeri Batam

Abstract

Di era globalisasi saat ini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berkembang sangat pesat sebagaimana yang diketahui. Perkembangan tersebut tidak hanya di wilayah perkotaan saja, melainkan sampai menyentuh ke wilayah pedesaan. Begitu juga pada Kelurahan Pulau Buluh, Kecamatan Bulang, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau yang dalam rutinitasnya memiliki tugas pokok dan fungsi dalam melaksanakan menjalankan kebijakan pemerintahan, keamanan dan ketertiban dengan berbagai tugas yang diemban seperti pengurusan administrasi yang meliputi surat pernyataan penguasaan tanah, surat keterangan tanah, ahli waris, surat keterangan kematian, surat keterangan kelahiran, keterangan pindah dan pada pelayanan pengaduan dan sebagainya. Berdasarkan observasi yang dilakukan, dalam melaksanakan tugas dan fungsinya tersebut, kantor kelurahan pulau buluh belum mempunyai sistem informasi yang dapat menunjang kegiatan pelayanan terhadap masyarakat. karena semua sistem masih dilakukan secara manual dengan berbasis kertas. Maka diperlukan suatu Sistem Informasi Kelurahaan yang dapat digunakan dalam mengelola pengarsipan serta menjaga data-data administrasi kependudukan agar dapat dikelola untuk jangka panjang. Adapun tujuan dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini merupakan suatu langkah dalam upaya membantu pihak pegawai di Kelurahan Pulau Buluh dalam perancangan suatu Sistem Informasi Kelurahan yang diterapkan dalam bentuk website berbasis OpenSID. Adapun luaran hasil akhir dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu terbangunnya suatu aplikasi sistem informasi kelurahan website berbasis OpenSID serta luaran-luaran penting dalam mempublikasikan hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini kepada khalayak umum.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-06
How to Cite
Irmansyah Lubis, A., Uperiati, A., Supardianto, S., Ardi, N., Sartikha, S., Thohari, A., Dzikri, A., & Sembiring, E. (2024). Pengembangan dan Implementasi Sistem Informasi Kelurahan Berbasis Website (Studi Kasus: Kantor Kelurahan Pulau Buluh, Kota Batam). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Negeri Batam, 5(2), 165-177. https://doi.org/10.30871/abdimaspolibatam.v5i2.6868