Kartu Rumpang Bergambar sebagai salah satu media Pembelajaran Arab-Melayu di Sekolah Dasar

Penulis

  • Muhammad Ridlo Alfianto Prodi Teknik Mekatronika, Jurusan Teknik Elektro , Politeknik Negeri Batam
  • Muhamad Agil Wildan Prodi Teknik Mekatronika, Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Batam
  • Yudha Putra Permana Prodi Teknik Mekatronika, Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Batam
  • Aly Muhammad Gany Prodi Teknik Elektronika, Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Batam
  • Amelia Audina Prodi Teknik Elektronika, Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Batam
  • Budiana Budiana Politeknik Negeri Batam

DOI:

https://doi.org/10.30871/abdimaspolibatam.v1i1.1267

Kata Kunci:

Arab-Melayu, kartu dan rumpang

Abstrak

Kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa - Pengabdian masyarakat (PKM-M) tentang pembelajaran Arab-Melayu menggunakan media pembelajaran rumpang bergambar telah dilakukan di SDN 011 Bengkong Batam. Media pembelajaran Arab-Melayu yang diberikan adalah menggunakan 10 jenis kartu yang dibagi menjadi 2 kelompok utama. Kelompok 1 yaitu kartu 1-6 dengan 3 rumpang sedangkan kelompok 2 yaitu kartu 7-10 dengan 2 rumpang. Semua rumpang tersebut wajib diisi oleh semua kelompok. Proses pembelajaran dilakukan dengan menggunakan teknik pendampingan dan pembagian kelompok. Setiap kelompok yang dibagi akan didampingi oleh pendamping yang telah ditentukan sebelum proses pembelajaran dimulai. Berdasarkan hasil dari kegiatan PKM-M diperoleh jumlah maksimum kartu yang dapat diselesaikan oleh kelompok adalah 4 buah kartu, terdapat beberapa kelompok yang tidak mampu menulisakan Arab-Melayu secara lengkap dan benar baik pada kartu yang memiliki 3 rumpang dan 2 rumpang. Rekomendasi selanjutnya yang diberikan untuk kegiatan pembelajaran Arab-Melayu adalah dibuatnya metode rumpang bergambar termodifikasi dengan teknik pengenalan penyambungan penulisan Arab-Melayu.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2019-07-03

Cara Mengutip

Alfianto, M. R., Wildan, M. A., Permana, Y. P., Gany, A. M., Audina, A., & Budiana, B. (2019). Kartu Rumpang Bergambar sebagai salah satu media Pembelajaran Arab-Melayu di Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Negeri Batam, 1(1), 38–45. https://doi.org/10.30871/abdimaspolibatam.v1i1.1267