Pengembangan UMKM Melalui Sosialisasi dan Penyuluhan Secara Digital untuk Menunjang Keberlangsungan Usaha di Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.30871/abdimaspolibatam.v3i1.2685Kata Kunci:
UMKM, Pandemi Covid-19, Pengembangan Usaha, Pelatihan Secara DigitalAbstrak
Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam perekonomian masyarakat Indonesia. Keberadaan UMKM sangat bermanfaat dalam hal pendistribusian pendapatan masyarakat. Melihat dari peranan tersebut, perlu dilakukan pelatihan guna menunjang keberlangsungan dari UMKM dan membantu mereka mengatasi berbagai permasalahan yang ada dari aspek manajemen hingga aspek permodalan yang dibutuhkan. Terlebih dimasa pandemi Covid-19 saat ini, dimana banyak UMKM terancam keberlangsungannya. Untuk itu tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang akan dilaksanakan dengan metode sosialisasi dan penyuluhan melalui sistem digital ini adalah memberikan informasi dan tambahan pengetahuan yang dibutuhkan oleh para pelaku UMKM. Informasi dan pengetahuan yang diberikan akan dikemas dalam bentuk video sosialisasi dan penyuluhan. Hasil dari kegiatan yang dilaksanakan yaitu adanya materi sosialisasi dan penyuluhan dalam bentuk digital yang dapat diakses oleh pengusaha UMKM dengan memanfaatkan teknologi informasi yang ada saat ini.






