Development of a Mobile-Based Microlearning Application as a Learning Media at SMA IT Ulil Albab Batam
DOI:
https://doi.org/10.30871/abdimaspolibatam.v6i2.8935Kata Kunci:
Media pembelajaran, Aplikasi mobile, MicrolearningAbstrak
Pada era digital, integrasi teknologi dalam pembelajaran menjadi semakin penting untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih efektif dan menarik. Pelaksanaan pembelajaran dengan microlearning membuat waktu belajar peserta didik menjadi lebih efektif dan efisien. Microlearning menyajikan pengetahuan atau informasi dalam bagian-bagian kecil sehingga peserta didik mampu mencerna, memahami dan mengingat dengan mudah. Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMAIT) Ulil Albab Batam merupakan sekolah pendidikan formal yang berada di Kota Batam Kepulauan Riau. Media pembelajaran yang digunakan sekolah saat ini berupa buku, foto, video dan power point. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk membantu sekolah untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran microlearning berbasis mobile yang dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan membuat waktu belajar peserta didik menjadi lebih efektif dan efisien. Metode yang digunakan antara lain tahap persiapan seperti studi pustaka dan analisa kebutuhan, tahap pelaksanaan seperti membuat aplikasi microlearning, dan pada tahap akhir seperti sosialisasi dan pelatihan. Hasil uji coba aplikasi diketahui bahwa kepuasan pengguna terhadap aplikasi microlearning berbasis mobile sebesar 87,52% pada kategori sangat puas. Sedangkan hasil evaluasi kepuasan mitra terhadap kegiatan pengabdian diketahui bahwa mitra sangat puas dengan kegiatan pengabdian yang sudah dilakukan dengan persentase 90,3%.






