Rancang Bangun dan Analisis Aplikasi Augmented Reality pada Produk Furniture

  • Evaliata Br Sembiring Program Studi Teknik Informatika, Politeknik Negeri Batam
  • Sapriadi Sapriadi Program Studi Teknik Informatika, Politeknik Negeri Batam
  • Yoel C. Brahmana Program Studi Teknik Informatika, Politeknik Negeri Batam
Keywords: furniture, android, augmented reality, marker

Abstract

Sebuah produk dapat diperkenalkan melalui teknologi baru seperti smartphone dengan harapan dapat diminati oleh calon pembeli karena teknologi ini hampir semua kalangan menggunakannya. Salah satu teknologi baru yang mendukung fasilitas smartphone adalah Augmented Reality (AR). Melalui teknologi ini, objek dapat dilacak melalui marker menggunakan beberapa metode seperti single marker, multimarker dan 3D Object Recognition. Beberapa permasalahan yang diselesaikan dalam penelitian ini adalah membangun aplikasi berbasis AR dan dapat dijalankan melalui smartphone android serta menganalisis hasil aplikasi AR berdasarkan beberapa metode pendeteksian marker. Metode pembuatan aplikasi menggunakan metode Luther Sutopo dengan enam langkah pengerjaan yaitu membuat konsep, merancang, mengumpulkan material, implementasi, pengujian dan evaluasi serta distribusi untuk dijalankan pada Android. Penerapan teknologi AR untuk pelacakan marker menggunakan tiga metode: single marker , multi marker dan 3D Object Recognition. Kemudian menganalisis ketiga metode tersebut berdasarkan parameter bentuk dan pola marker, jarak kamera dengan marker dan intensitas cahaya pada saat tracking. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Aplikasi dapat dijalankan pada smartphone berbasis Android dalam format *.apk; (2)Aplikasi memiliki ketergantugan terhadap sistem, tools, dan hardware; (3)Aplikasi cocok digunakan sebagai media promosi berdasarkan hasil pengujian terhadap responden mencapai 80%; (4)Menggunakan single marker lebih sederhana, namun semakin banyak objek maka semakin membutuhkan banyak waktu untuk melihat produk furniture yang disedikan karena harus di-scan satu-per-satu, sedangkan menggunakan multi marker, cukup sekali scaning langsung memperlihatkan hasilnya sekaligus, namun objek kelihatan lebih kecil; Kondisi terbaik untuk menampilkan objek 3D pada metode 3D object recognition adalah pada intensitas cahaya terang, dan semakin jauh jarak kamera dengan marker maka objek yang ditampilkan akan semakin kecil. Tidak semua miniatur yang digunakan dapat dijadikan marker pada 3D object recognition karena bentuk dan pola sulit dikenali.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-04-01