Pengembangan Pengukuran Kinerja dengan Pendekatan Balance Scorecard (Studi Kasus pada Politeknik Negeri Batam)

  • Irsutami Irsutami Politeknik Negeri Batam
  • Chici Ramdhaniah Politeknik Negeri Batam
Keywords: Pengukuran Kinerja, Kinerja Instansi Pendidikan, Balance Scorecard

Abstract

Sistem pengukuran kinerja yang dilakukan di Politeknik Negeri Batam belum memperlihatkan dengan jelas pencapaian visi organisasi, karena hanya menggambarkan penilaian pencapaian kinerja program dan kegiatan serta upaya organisasi dalam menyerap anggaran. Dengan demikian, pencapaian kinerja organisasi hanya dinilai dari aspek keuangan saja. Untuk mengatasi hal tersebut, maka dibutuhkan suatu sistem pengukuran kinerja yang lebih komprehensif dan dapat menggambarkan dengan jelas pencapaian visi organisasi. Salah satu sistem pengukuran kinerja yang dapat mengatasi hal tersebut adalah Balance Scorecard (BSC) karena lebih mampu menjabarkan visi organisasi ke dalam tujuan-tujuan dan sasaran-sasaran strategis yang saling kait mengait menuju ke pencapaian visi dan misi organisasi. Untuk itu, studi kasus penelitian telah dilakukan di Politeknik Negeri Batam sebagai objek penelitian dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Analisis dimulai dengan menguraikan sistem pengukuran kinerja yang dilakukan di Politeknik Negeri Batam, kemudian merancang pengukuran kinerja dengan pendekatan BSC dan membuat pembuatan indikator pencapaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pengukuran kinerja dengan pendekatan BSC memungkinkan untuk diimplementasikan di Politeknik Negeri Batam dan diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan kepada masyarakat serta mampu mewujudkan akuntanbilitas pengelolaan dana yang dialokasikan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2012-04-02

Most read articles by the same author(s)