Studi Kelayakan Penilaian Kinerja Institusi dengan Pendekatan Balanced Scorecard di Politeknik Negeri Bandung

  • Hastuti Hastuti Politeknik Negeri Bandung
  • Sholihati Amalia Politeknik Negeri Bandung
  • Sumiyati Sumiyati Politeknik Negeri Bandung
Keywords: balanced scorecard, LAKIP, perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, perspektif pembelajaran dan pertumbuhan

Abstract

Kinerja organisasi harus senantiasa dievaluasi. Evaluasi kinerja organisasi dengan pendekatan tradisonal lebih menitikberatkan pada unsur keuangan saja. Hal ini dianggap tidak komprehensif dan tidak dapat mewakili kinerja organisasi secara keseluruhan. Pendekatan balanced scorecard merupakan alat ukur kinerja organisasi dengan empat perspektif yang ada di organisasi. Keempat perspektif itu adalah perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Alat ukur ini bisa diimplementasikan pada organisasi berorientasi laba atau organisai nirlaba.
Polban merupakan salah satu perguruan tinggi pemerintah dengan akreditasi sangat baik “A”. Selama ini Polban melakukan evaluasi kinerjanya dengan panduan aturan pemerintah berupa laporan akuntabilitas kinerja institusi pemerintah (LAKIP). Penyusunan LAKIP merupakan pekerjaan yang sifatnya mandatory (penugasan) dari Kemenristekdikti.
Penelitian ini telah menilai kesiapan Polban untuk melakukan evaluasi kinerja secara mandiri dengan pendekatan balance scorecard. Berdasarkan hasil studi dokumentasi, observasi, dan wawancara maka disimpulkan Polban dapat mengevaluasi kinerjanya dengan keempat perspektif balance scorecard. Dengan peendekatan ini Polban dapat mengevaluasi kinerjanya secara mandiri dan berkesinambungan.

Author Biographies

Hastuti Hastuti, Politeknik Negeri Bandung

Jurusan Akuntansi

Sholihati Amalia, Politeknik Negeri Bandung

Jurusan Akuntansi

Sumiyati Sumiyati, Politeknik Negeri Bandung

Jurusan Akuntansi

Published
2018-10-19
How to Cite
Hastuti, H., Amalia, S., & Sumiyati, S. (2018). Studi Kelayakan Penilaian Kinerja Institusi dengan Pendekatan Balanced Scorecard di Politeknik Negeri Bandung. Journal of Applied Accounting and Taxation, 3(2), 134-142. https://doi.org/10.30871/jaat.v3i2.867