Menumbuhkan Jiwa Sherlock Holmes Seorang Calon Akuntan

  • Eko Febri Lusiono Politeknik Negeri Sambas
  • Eliza Noviriani Politeknik Negeri Sambas
Keywords: pembebasan, pendidikan akuntansi, fenomenologi, disonansi kognitif, akuntan

Abstract

Penelitian ini disebut sebagai proses pembebasan pendidikan akuntansi karena pendidikan akuntansi cenderung kaku dan terlalu berorientasi pada buku teks. Peneliti menyajikan sebuah metode pembelajaran yang diadaptasi dari penelitian Chabrak dan Craig (2013) dengan film “Sherlock Holmes: the Game of Death”sebagai media pendukung. Dalam proses ini, peserta didik berada dalam nuansa “giving” melalui imajinasi, perilaku disonansi serta berpikir kritis. Dengan menggunakan pendekatan fenomenologi transendental, jiwa Sherlock Holmes (seharusnya) di tubuh akuntan adalah temuan tak terbantahkan dalam proses pembebasan.

Author Biographies

Eko Febri Lusiono, Politeknik Negeri Sambas

Prodi Akuntansi Sektor Publik

Eliza Noviriani, Politeknik Negeri Sambas

Prodi Akuntansi Sektor Publik

Published
2019-03-30
How to Cite
Lusiono, E., & Noviriani, E. (2019). Menumbuhkan Jiwa Sherlock Holmes Seorang Calon Akuntan. Journal of Applied Accounting and Taxation, 4(1), 28-38. https://doi.org/10.30871/jaat.v4i1.1111