Menumbuhkan Jiwa Sherlock Holmes Seorang Calon Akuntan

Authors

  • Eko Febri Lusiono Politeknik Negeri Sambas
  • Eliza Noviriani Politeknik Negeri Sambas

DOI:

https://doi.org/10.30871/jaat.v4i1.1111

Keywords:

pembebasan, pendidikan akuntansi, fenomenologi, disonansi kognitif, akuntan

Abstract

Penelitian ini disebut sebagai proses pembebasan pendidikan akuntansi karena pendidikan akuntansi cenderung kaku dan terlalu berorientasi pada buku teks. Peneliti menyajikan sebuah metode pembelajaran yang diadaptasi dari penelitian Chabrak dan Craig (2013) dengan film "Sherlock Holmes: the Game of Death"sebagai media pendukung. Dalam proses ini, peserta didik berada dalam nuansa "giving" melalui imajinasi, perilaku disonansi serta berpikir kritis. Dengan menggunakan pendekatan fenomenologi transendental, jiwa Sherlock Holmes (seharusnya) di tubuh akuntan adalah temuan tak terbantahkan dalam proses pembebasan.

Downloads

Author Biographies

Eko Febri Lusiono, Politeknik Negeri Sambas

Prodi Akuntansi Sektor Publik

Eliza Noviriani, Politeknik Negeri Sambas

Prodi Akuntansi Sektor Publik

Downloads

Published

2019-03-30

How to Cite

Lusiono, E. F., & Noviriani, E. (2019). Menumbuhkan Jiwa Sherlock Holmes Seorang Calon Akuntan. Journal of Applied Accounting and Taxation, 4(1), 28–38. https://doi.org/10.30871/jaat.v4i1.1111