Alat Monitoring Pasang Surut Air Laut Berbasis Internet of Things (IoT)

-

  • Adlian Jefiza Politeknik Negeri Batam
  • Widya Rika Puspita Politeknik Negeri Batam
Keywords: Pasang Surut, IoT, Ultrasonic

Abstract

Bagi masyarakat pesisir dan kepulauan di Kota Batam, perubahan pasang surut laut sangat mempengaruhi mobilitas masyarakat dalam beraktivitas. Keterbatasan informasi dan montoring pasang surut sering mengakibatkan ketidaksiapan masyarakat yang hidup diperairan. Alat ini dirancang untuk memonitoring pasang surut air laut secara realtime berbasis Internet of Things (IoT). Data informasi pasang surut air laut dapat diakses oleh pengunjung tempat wisata secara online dengan cara mengakses server www.Thingspeak.com. Sensor yang digunakan dalam deteksi pasang surut adalah sensor ultrasonic yang terhubung ke ESP8266. Metode pengujian yang digunakan adalah alat monitoring dipasangkan pada Dermaga dengan posisi sensor ultrasonik nya tegak lurus terhadap permukaan air laut. Pengambilan data dilakukan di 3 tempat wisata berbeda yaitu Pantai Bale-Bale Nongsa, Ocarina dan Barelang. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa alat ini dapat memonitoring ketinggian permukaan air laut secara online dan dapat bekerja secara real-time yang dapat dimonitor melalui smartphone menggunakan aplikasi Thingview ataupun melalui website Thingspeak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] D. A. Ariyanto, N. Yuniar, M. R. Azky, Y. F. Sabanise, and A. Maulana, “SISTEM MONITORING KETINGGIAN AIR LAUT DI PANTAI RANDUSANGA BERBASIS INTERNET OF THINGS”.
[2] B. Supriyadi, R. Clarita, Y. Yudhi, O. Oscirendi, and S. Andriyanto, “Monitoring Aliran Arus Pasang Surut Air Laut Berbasis Arduino,” ELECTRA Electr. Eng. Artic., vol. 2, no. 1, p. 1, Sep. 2021, doi: 10.25273/electra.v2i1.9801.
[3] M. Khalid, R. Akram, and K. Muttaqin, “Sistem Monitoring Pasang Surut Air Laut Berbasis Web Menggunakan Fuzzy Logic Pada Kuala Langsa,” J. Inf. Technol., vol. 2, no. 2, pp. 65–69, Sep. 2022, doi: 10.32938/jitu.v2i2.3254.
Published
2023-08-24
Section
Articles