Modul Praktikum Pemodelan Gerak Jatuh Bebas menggunakan Infrared Obstacle Avoidance Sensor

  • Asrizal Deri Futra lecture
  • Indra Hardian Mulyadi Politeknik Negeri Batam
  • Rahmi Mahdaliza Politeknik Negeri Batam
  • Budiana Budiana Politeknik Negeri Batam
Keywords: Gerak jatuh bebas, infrared obstacle avoidance sensor, ms. Excel

Abstract

Gerak jatuh bebas merupakan salah satu topik pembelajaran pada mata kuliah Fisika. Salah satu cara agar mahasiswa memahami materi yang disampaikan adalah dengan cara melakukan praktikum. Modul praktikum pemodelan gerak jatuh bebas ini dibuat dengan dengan menggunakan tujuh infrared obstacle avoidance sensor dan Arduino. Masing-masing sensor diletakkan pada ketinggian 0,82 m; 0,695 m; 0.62 m; 0,392 m; 0,295 m; dan 0,2 m. Benda dijatuhkan dan dideteksi oleh ketujuh sensor tersebut. Setelah semua sensor mendeteksi benda yang dijatuhkan, maka waktu untuk masing-masing sensor ditampilkan pada serial monitor Arduino. Data waktu tersebut dipindahkan ke ms. Excel dan dibuat grafik hubungan antara ketinggian terhadap waktu. Dari 10 kali percobaan didapatkan bahwa percepatan yang dialami oleh benda yang dijatuhkan adalah 9.8 m/s2.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] S. Maiyena, M. Imamora, and F. Ningsih, “Pengembangan Alat Praktikum Gerak Jatuh Bebas Menggunakan Sensor Photo-transistor untuk Pembelajaran Fisika pada Materi Gerak Jatuh Bebas,”in Journal of Sainstek, 2017, pp 54-67.
[2] N. Qomariyah and R. Wirawan, “Aplikasi Sensor Infrared dan Arduino Uno untuk Alat Peraga Sederhana Gerak Jatuh Bebas,” in Prosiding PKM-CSR, 2018, pp 652-659.
[3] O. A. Atani, L. A. S. Lapono, and A. C. Louk Fisika, “Rancang Bangun Alat Peraga Prak-tikum Gerak Jatuh Bebas,” in Jurnal Fisika (Fisika Sains dan Aplikasinya), 2019, pp 33-39.
[4] R. Hendrawan, E. Budi, and F. Bakri, “Me-dia Berbasis Arduino: Model Pengukuran Percepatan Gravitasi Bumi dengan Pronsip Gerak Jatuh Bebas,” in Prosiding Seminar Nasional Fisika, 2019, pp 123-134.
[5] S. Humairoh, M. Yakob, N. A. Lubis, R. A. Putra, “Perancangan Alat Praktikum Ber-basis Arduino untuk Menentukan Waktu dan Kecepatan secara Otomatis pada Gerak Jatuh Bebas,”in Gravitasi Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains, 2021, pp 23-32.
Published
2022-07-31
Section
Articles