Rancang Bangun Alat Ukur Suhu Tubuh dan Hand Sanitizer Otomatis Dilengkapi Penghitung Jumlah Pengguna

  • Shelmahanan Afra Dayana Politeknik Negeri Batam
  • Hasnira Hasnira Politeknik Negeri Batam
Keywords: Hand sanitizer, Counting, Pendeteksi suhu tubuh, Otomatis

Abstract

Pada kondisi pandemi Covid-19, segala aspek kegiatan harus tetap berjalan. Untuk mencegah penularan, salah satu cara yang dapat diterapkan adalah menggunakan hand sanitizer dan melakukan pengukuran suhu tubuh sebagai antisipasi. Pada umumnya, penggunaan alat tersebut dilakukan secara manual dan dalam bentuk terpisah, hal tersebut tidak efisien. Dari permasalahan tersebut, dibuatlah sebuah alat dispenser hand sanitizer dan pendeteksi suhu tubuh yang dapat menjalankan kedua fungsi tersebut secara otomatis, dan dilengkapi dengan penghitung jumlah penggunanya. Dispenser hand sanitizer akan mengeluarkan cairan antiseptik saat sensor infrared mendeteksi telapak tangan pada jarak 0 hingga 5 cm. Proses perhitungan jumlah pengguna memiliki keakurasian 100%. Dan pendeteksi suhu tubuh otomatis dapat membaca suhu tubuh manusia secara akurat jika digunakan pada jarak 1 hingga 3 cm. Ketepatan pendeteksi suhu pada alat adalah 98.57% dan error sebesar 1.43%. Suhu yang terukur akan ditampilkan pada LCD secara real-time, apabila suhu tubuh yang terukur adalah 38°C maka buzzer akan berbunyi sebagai tanda peringatan kemungkinan terindikasi Covid-19.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1]. Hamdani, Zuraidah Tharo, Solly Aryza. “Rancang Bangun Pengukur Suhu Tubuh Mandiri Tanpa Sentuh Sebagai Fasilitas Adaptasi Kebiasaan Baru,” Seminar of Social Sciences Engineering & Humaniora, 2020, pp.276-286.

[2]. Halim Burhan dan Nurhadi, “Pengaruh Jarak Dan Sudut Tangan Dengan Sensor Terhadap Waktu Respon Penyemprotan Fluida Hand Sanitizer Otomatis Pada Mobil”, Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks SOLIDITAS, Vol. 4, No. 2, Hal. 209-219, Oktober 2021.

[3]. Fadma Izri Pretisya. “Dispenser Handsanitizer Otomatis.” AMd.T. PA, Politeknik Negeri Batam, Batam, 2019.

[4]. Rindi Wulandari. “Rancang Bangun Pengukur Suhu Tubuh Berbasis Arduino Sebagai Alat Deteksi Awal Covid-19,” In Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya), 2020, E-ISSN: 2548-8325/P-ISSN 2548-8317.
Published
2022-08-31
Section
Articles