Sistem Manajemen Kontrol dan Monitoring Mesin Floor Polisher Berbasis Internet of Things (IoT)

Keywords: Manajemen kontrol, Monitoring, Internet of Things (IoT)

Abstract

Kesiapan dan ketersedian sebuah mesin merupakan salah satu aspek penting dalam hal membantu kelancaran proses produksi, sehingga dibutuhkan jadwal pemeliharaan mesin yang terencana dan teratur. Pada umumnya perusahaan di bidang industri juga fokus terhadap kebersihan ruangan produksinya. Yaitu dengan cara membersihkannya secara teratur, baik secara tradisional dengan tenaga manusia maupun otomatis dengan menggunakan mesin. Internet of things atau lebih dikenal dengan sebutan IOT merupakan sebuah konsep divmana berbagai jenis benda dapat terkoneksi satu sama lain dengan memanfaatkan jaringan internet. Beberapa keunggulan konsep IOT yaitu dapat melakukan pemantauan dan pengendalian terhadap benda apapun yang sudah dihubungkan ke internet. Beberapa mesin yang ada di industri ada yang belum dilengkapi dengan sistem IOT. Salah satu mesin di industri yang belum memanfaatkan sistem IoT yaitu mesin polisher lantai. Untuk mempermudah pengaturan jadwal pemeliharaan mesin polisher lantai tersebut diperlukan pemanfaatan sistem IoT. Sistem IoT yang dibangun dapat mengirimkan notifikasi peringatan ke smartphone android sehingga pihak industri dapat memperkirakan berapa biaya yang akan dikeluarkan untuk kegiatan pemeliharaan mesin. Hasilnya adalah sebuah aplikasi yang dapat memonitoring waktu penggunaan mesin ketika mesin di hidupkan dan dapat mengkontrol on/off mesin polisher ketika batas waktu yang sudah ditentukan tercapai. Persentase keberhasilan yang dicapai sebesar 95,01% dan persentase error sebesar 4,99% dengan lama percobaan 30 menit.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] D. Rachman, M. N. Al Azam, dan B. ANINDITO. Sistem Pemantau & Pengen-dalian Rumah Cerdas Menggunakan Infra-stuktur Internet Messaging. J. Ilm. Link, 2017, vol. 26, pp. 1: 34.
[2] G. H. Cahyono. Internet Of Things (Sejarah, Teknologi dan Penerapannya). Swara Patra, 2016, pp. 6.3.
[3] Y. Efendi. Internet Of Things (Iot) Sistem Pengendalian Lampu Menggunakan Rasp-berry Pi Berbasis Mobile. Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer Universi-tas Al Asyariah Mandar, 2018, pp. 21-27.
[4] L. Wahyunita, HomeChat pada aplikasi In-tenet of Things Smartphone sebagai komu-nikasi Peralatan Elektronik Rumah Tangga dengan Manusia. Yogyakarta: Department Math and Science Gadjah Mada University, 2015.
[5] A. Hidayati. Pembuatan Aplikasi Otomasi Penjadwalan Untuk Manajemen Pemeli-haraan Mesin Industri. Jurnal Eltek, 2017, vol. 11 (1), pp. 171-180.
Published
2022-01-20
Section
Articles