Automatic Charge Batterai Suppo dengan Labview di PT. Giken

  • Arif Juwito
  • Defri Eka Dharma
  • Fauzun Atabiq
  • Muhammad Syafei Ghozali
  • Irwanto Zarma Putra
  • Hasnira Hasnira
  • Handri Toar
Keywords: Labview, Batterai Charging

Abstract

Semakin berkembangnya dunia industri pada saat ini menuntut kita semua dalam menemukan sebuah inovasi dalam masalah teknologi seperti dalam proses manual dirubah menjadi proses otomatis. Proyek ini ini bertujuan akan mengubah proses manual menjadi proses otomatis menggunakan interface LabView. Program LabView akan bertindak sebagai otak dalam pengaturan proses pengisian baterai “Suppo”, ada beberapa hal yang akan dikontrol oleh program yang pertama memastikan koneksi setiap baterai terhubung dengan benar, yang kedua memastikan Power Supply terhubung pada rangkaian, yang ketiga program dapat mengontrol lama pengisian baterai, keempat ketika proses pengisian selesai program dapat mengukur nilai tegangan setiap baterai dan memberi indikator kondisi baterai setelah pengisian. Data dari proses pengisian tersebut akan disimpan pada database LabView dengan format excel (.xls) yang berisi data operator yang melakukan, keterangan baterai, tanggal pengisian, tegangan baterai itu sendiri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1]. Defri, “Pengawasan, Kendali dan Akuisisi Data Untuk Distribusi Tekanan Udara Menggunakan LabVIEW dan PLC”, Buku Tugas Akhir Diploma IV, Jurusan Teknik Mekatronika, Politeknik Negeri Batam, 2015.
[2]. Garvin, D. A. 1987. Competing in the Eight Dimension of Quality. Harvard Business Review, Sept.–Oct., 87(6), pp. 101 – 109.
[3]. Muhammad Nugroho,Mustafid,Sugito.2016.”Penerapan Six Sigma Dalam Rancangan Percobaan Faktorial Untuk Menentukan Setting Mesin Produksi Air Mineral”.Jurnal GAUSSIAN,Volume 5,Nomor 1, Tahun 2016,Halaman 143-152. : http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/gaussian. 21 Januari 2021.
[4]. National Instruments, “Getting Started with LabVIEW”, National Instrument Corporation, August 2006.
[5]. Fadilla, “PENGECEKAN FUNGSI OPERASIONAL KOMPONEN DAN JALUR CIRCUIT PCB”, Buku Tugas Akhir Diploma IV, Jurusan Teknik Mekatronika, Politeknik Negeri Batam, 2018.
[6]. Prabowo Edy, "Identifikasi Kelayakan Alat Praktek Instalasi Listrik Sub Alat Ukur Avo-meter Untuk Mendukung Tujuan Kurikulum di SMKN 5 Semarang", Buku Skripsi S1, Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Universitas Negeri Semarang, 2010.
[7]. National Instruments, “LabVIEW Basic I Course Manual”, National Instrument Corporation, Version 6.0, 2000.
Published
2021-12-29
Section
Articles